Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2021, 20:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Patung Yesus raksasa sedang dibangun di Encantado, Brasil, dan diramalkan akan menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Seperti dilansir cnn.com, patung yang dijuluki Christ the Protector (Kristus Sang Pelindung) ini dibangun oleh organisasi lokal bernama Friends of Christ Association (AACristo). Patung bertinggi 43 meter tersebut “mengalahkan” patung Yesus terkenal di Rio de Janeiro yang tingginya 38 meter.

Baca juga: Wisata Patung Yesus di Samosir Rampung 50 Persen, Target Tuntas September 2021

Matahari terbit di hadapan patung Yesus Sang Penebus di Rio de Janeiro pada 24 Maret, 2021. Patung yang berusia 90 tahun tersebut direstorasi sebagai bagian dai perayaan hari jadinya di bulan Oktober 2021. (Photo by CARL DE SOUZA / AFP)CARL DE SOUZA Matahari terbit di hadapan patung Yesus Sang Penebus di Rio de Janeiro pada 24 Maret, 2021. Patung yang berusia 90 tahun tersebut direstorasi sebagai bagian dai perayaan hari jadinya di bulan Oktober 2021. (Photo by CARL DE SOUZA / AFP)

Organisasi yang sama juga menambahkan bahwa patung Kristus Sang Pelindung akan menjadi yang tertinggi nomor tiga di dunia setelah patung berukuran 75 meter yang sedang dibangun di Meksiko dan monumen berukuran 52,5 meter di Polandia.

Kristus Sang Pelindung adalah buah karya dari pematung Genésio Gomes Moura dan anaknya, Markus Moura.

Menurut Bbc.com, proses pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2019 dan didanai oleh donasi perorangan dan perusahaan.

Baca juga: Seperti di Brasil, Manado Juga Punya Patung Yesus Tertinggi

Selain Brasil, Indonesia juga memiliki patung dan monumen Yesus, yaitu Monumen Yesus Memberkati di Manado, Sulawesi Utara, dan patung Yesus Kristus di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, yang sedang dalam proses.

Mengutip Kompas.com, pembangunan patung Yesus Kristus di Kabupaten Samosir akan selesai sekitar bulan September 2021. Nantinya lokasi di mana patung tersebut dibangun akan menjadi area wisata religi yang terintegrasi dengan adanya rumah doa dan restoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com