Kompas.com - 16/04/2021, 08:08 WIB
 Kabah di Mekkah ThinkStock Kabah di Mekkah

KOMPAS.comMasjidil Haram dan Kakbah diharumkan dengan wewangian berkualitas tinggi sebanyak sepuluh kali dalam sehari selama Ramadhan.

Biasanya pemberian wewangian dilakukan secara rutin selama momen khusus, seperti bulan suci Ramadhan, hari Haji, dan Hari Jumat.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan kesan atau suasana spiritualitas dan kesucian pada ribuan orang yang berkunjung, baik yang melaksanakan shalat maupun umrah di masjid.

Baca juga: Arab Saudi Izinkan Jemaah yang Sudah Divaksin Covid-19 untuk Umrah

Mengutip dari Arabnews.com, memberi wangi-wangian di Masjidil Haram dan Kakbah dipandang sebagai bentuk pengabdian dan penghormatan terhadap situs paling suci bagi umat Islam dan mereka yang mengunjunginya.

Dalam Islam, beberapa umat memang sangat mementingkan kebersihan dan wewangian. Biasanya umut Muslim akan memberi parfum ke sajadah, baju sholat, dan tasbih saat akan beribadah.

Raja Salman izinkan shalat tarawih di dua masjid

Sebelumnya, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud mengizinkan pelaksanaan shalat tarawih selama bulan suci Ramadhan.

Shalat tarawih bisa dilakukan di dua masjid suci umat Islam, yaitu Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjidil Haram, Mekkah, Arab SaudiKOMPAS.com/INGGRIED DWI WEDHASWARY Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi

Namun, kebijakan tersebut juga disertai dengan protokol kesehatan dan pembatasan pengunjung.

Baca juga: Paket Perjalanan ke Arab Saudi Tidak Terkena Dampak Wabah Virus Corona

Ada pula penerapan aturan lainnya yang harus dipatuhi jemaah, mengingat virus Covid-19 yang masih mewabah di Arab Saudi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X