Kompas.com - 17/04/2021, 06:05 WIB
Taman Paku di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaTaman Paku di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali.

KOMPAS.com - Wisata Kebun Raya Indrokilo di Boyolali kembali dibuka sejak tanggal 23 Maret 2021 lalu. 

Meskipun sudah dibuka, pihak pengelola tempat wisata mengatakan bahwa saat Lebaran nanti wisata Kebun Raya Indrokilo tutup karena adanya keterbatasan jumlah pekerja, dan akan dibuka kembali setelahnya pada Senin (17/5/2021).

"Ya benar, Kebun Raya Indrokilo memang sudah dibuka kembali sejak tanggal 23 Maret kemarin. Untuk lebaran nanti kita tutup karena keterbatasan sdm," kata pengelola Kebun Raya Indrokilo, Yunus Puratmoko kepada Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Ia melanjutkan, Kebun Raya Indrokilo buka lagi lantaran pemerintah telah mengizinkan sektor pariwisata buka lagi, meski pandemi Covid-19 masih melanda.

Baca juga: Mengenal Kebun Raya Indrokilo, Kebanggaan Masyarakat Boyolali

Namun, pembukaan tempat wisata itu tetap mengikuti aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro dengan kapasitas 200 orang.

"Kita gunakan PPKM skala mikro. Kalau sebelum pandemi normalnya di hari libur bisa 2.000-2.500 pengunjung bisa masuk," ujar Yunus.

Kebun Raya Indrokilo tutup saat akhir pekan

Pengurangan jam operasional juga diberlakukan. Jam buka wisata Kebun Raya Indrokilo adalah pukul 08.00-15.30 WIB. Selama Ramdhan. jam buka menjadi pukul 08.00-15.00 WIB.

Sementara itu, Kebun Raya Indrokilo saat ini buka Senin-Jumat atau saat weekdays saja. Sebelum pandemi, tempat wisata ini dibuka setiap hari. Namun karena keterbatasan jumlah pekerja, maka tidak memungkinkan untuk buka pada Sabtu dan Minggu.

Air Terjun Niagara di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Niagara di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali.

Adapun, protokol kesehatan yang diberlakukan, antara lain wajib memakai masker, pengecekan suhu tubuh, dan cuci tangan sebelum menuju loket.

Para petugas yang bekerja juga sudah menerima vaksin sebanyak dua kali, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

Baca juga: Merapi Siaga, Wisata Bukit Sanjaya di Selo Boyolali Tetap Buka

Sebelumnya pada akhir 2020, pihak pengelola tempat wisata menjelaskan bahwa mereka sudah melakukan persiapan new normal di wisata Kebun Raya Indrokilo, seperti penyediaan tempat cuci tangan.

Namun, pemerintah kabupaten Boyolali memang baru mengizinkan tempat wisata itu mulai dibuka pada bulan Maret 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X