Kompas.com - 17/04/2021, 09:09 WIB
Benteng Pendem Ngawi atau Benteng Van den Bosch. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABenteng Pendem Ngawi atau Benteng Van den Bosch.

 

KOMPAS.com – Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Ngawi Totok Sugiharto mengatakan, Benteng Pendem Ngawi saat ini tengah direstorasi dan diperkirakan akan selesai pada awal 2023.

Saat ini, benteng yang juga dikenal sebagai Benteng Van Den Bosch tersebut masih di bawah kelolaan TNI. Namun, terdapat pembicaraan soal rencana ke depan usai pemugaran dilakukan.

“Bentengnya masih di bawah TNI. Jadi Dinas Pariwisata hanya untuk pemanfaatan ketika sudah selesai dan disepakati menjadi obyek wisata. Tapi belum ada kesepakatan karena prosesnya panjang,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Seru dan Wajib Mampir saat Mudik ke Ngawi

Adapun, proses pemugaran dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna menjaga agar bangunan tidak makin rusak.

Sebelum restorasi dimulai, Totok menuturkan, sempat terjadi diskusi tentang bagaimana Benteng Pendem ke depannya, apakah tetap akan dikelola oleh TNI atau oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Waktu itu sudah ditanyakan, 'nanti setelah dipugar hanya untuk dikembalikan ke bentuk aslinya atau dimanfaatkan sebagai tempat wisata?'. Ketika dimanfaatkan, gambar desain akan beda ketika hanya untuk dikembalikan ke bentuk aslinya,” ujar dia.

Bagian dalam Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bagian dalam Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi.

Pada saat diskusi berlangsung, pihak TNI belum memberi jawaban hingga kini. Alhasil, KemenPUPR memutuskan untuk merestorasi terlebih dahulu agar bangunan tidak makin rusak.

Urusan ke depannya, lanjut Totok, akan didiskusikan kembali apakah akan benar-benar dimanfaatkan sebagai tempat wisata di bawah kelolaan Pemkab Ngawi atau tidak.

Bagian Benteng Pendem Ngawi yang dipugar

Totok mengatakan bahwa seluruh bangunan inti di Benteng Pendem akan melalui proses pemugaran untuk dikembalikan ke bentuk semula.

Kendati demikian, ada beberapa bangunan yang dihilangkan. Sebab, setelah diteliti lebih lanjut oleh pihak terkait, ternyata bangunan tersebut adalah bangunan baru yang bukan dibuat saat Belanda masih berada di Nusantara.

Baca juga: Srambang Park yang Instagramable di Ngawi Sudah Buka Kembali

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.