Kompas.com - 18/04/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi Ramadhan Pixabay/ChiplanayIlustrasi Ramadhan

KOMPAS.com - Negara-negara di seluruh dunia punya cara untuk untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah serta karunia bagi umat muslim. Sebelum menjemput hari raya Idul Fitri, umat muslim akan berpuasa selama satu bulan sebagai ibadah yang diwajibkan ketika bulan Ramadhan.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Parador Beri Promo Menginap Mulai dari Rp 240.000-an

Puasa ini bukan hanya soal menahan lapar dan dahaga, melainkan juga hawa nafsu. Kewajiban ini tentunya dijalankan seluruh umat muslim di dunia. 

Tapi tidak hanya itu saja. Sebelum pandemi Covid-19 melanda di dunia ada berbagai macam tradisi unik lainnya yang dilakukan oleh umat Muslim untuk menyambut bulan Ramdhan yang penuh berkah ini.

Seperti dilansir dari Theculturetrip.com, berikut tujuh tradisi unik umat muslim untuk menyambut bulan suci Ramadhan di berbagai negara:

1. Indonesia

Di beberapa wilayah Indonesia, umat muslim akan melakukan berbagai ritual untuk 'membersihkan' diri mereka sendiri jelang bulan suci Ramadhan.

Beberapa daerah seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki tradisi penyucian yang disebut padusan dalam bahasa jawa atau sama dengan 'mandi'.

Tradisi padusan di KlatenDok. KLATENKAB.go.id Tradisi padusan di Klaten

Dalam tradisi itu, umat muslim menceburkan diri ke mata air, dan membasahi tubuh mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Konon, mata air memiliki makna spiritual dalam budaya Jawa, mereka meyakini bahwa air  merupakan bagian dari penyucian selama bulan suci.

Baca juga: Mengenal Padusan, Tradisi Ramadan Warga Jakarta di Kali Ciliwung Era 70an

Tradisi ini disebarkan pertama kali oleh Wali Songo, sekelompok tokoh agama islam yang merupakan misionaris pertama dalam menyebarkan ajaran Islam di seluruh Jawa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X