Kompas.com - 19/04/2021, 15:03 WIB
Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara, museum ini menyimpan sedikitnya 300 barang sejarah kebaharian Jakarta yang ada sejak jaman Kolonial Belanda. Pemkot Jakarta UtaraMuseum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara, museum ini menyimpan sedikitnya 300 barang sejarah kebaharian Jakarta yang ada sejak jaman Kolonial Belanda.

KOMPAS.comMuseum Kebaharian Jakarta di Jakarta Utara tetap beroperasi selama bulan puasa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pengunjung yang ingin melihat koleksi kebaharian Indonesia bisa datang mulai Hari Selasa sampai Minggu dari jam 08.00-15.00 WIB.

Kepala Subbagian (Kasubag) TU UP Museum Kebaharian Jakarta Mis Ari mengatakan bahwa protokol kesehatan yang berlaku tidak ada perubahan.

Baca juga: Siapa Nenek Moyang Bangsa Indonesia? Ketahui Jawabannya di Museum Bahari

“Dalam artian kita membatasi pengunjung (50 persen), mengecek suhu mereka, mewajibkan mereka untuk cuci tangan, dan mendata mereka karena sistem kami sudah terkomputerisasi,” kata dia kepada Kompas.com pada Rabu (14/4/2021).

Protokol kesehatan lainnya adalah, pengunjung juga diharuskan menjaga jarak dan tidak bergerombol.

Koleksi rempah yang ada di Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara. Peserta melihat rempah-rempah yang dikoleksi museum pada malam hari.Nicholas Ryan Aditya Koleksi rempah yang ada di Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara. Peserta melihat rempah-rempah yang dikoleksi museum pada malam hari.

Berlokasi di Jalan Pasar Ikan nomor 1, Museum Kebaharian Jakarta menyimpan beragam koleksi.

Koleksi Museum Kebaharian, antara lain perahu tradisional dan diorama yang menggambarkan peristiwa bersejarah di sektor kemaritiman Indonesia.

Baca juga: Ini Rasanya Tidur di Museum Bahari Saat Malam Hari

Mengutip Kompas.com, beberapa koleksi yang sayang dilewatkan adalah Meriam VOC, dan Jukung Barito.

Ada pula rangka perahu Phinisi dan rempah-rempah Nusantara berjumlah 35 jenis yang awet hingga 10 tahun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X