Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu akan Bisa Dibeli Online

Kompas.com - 22/04/2021, 17:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asisten Perhutani (Asper)/Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu Selatan (KBKPH), Kesatuan Pemangku Hutan Lawu dan sekitarnya (Ds) bernama Marwoto mengatakan, sebentar lagi pembelian tiket pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu dapat dilakukan secara daring.

“Sebulan lagi kita mau pakai tiket online untuk Cemara Sewu. Kemungkinan pakai jasa MKP, sebuah perusahaan penyedia (penjualan tiket) online,” tuturnya kepada Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: 6 Tips Mendaki Gunung Lawu Saat Musim Hujan, Lewat Cemoro Sewu

Lebih lanjut, Marwoto menjelaskan bahwa nantinya wisatawan bisa mendaftarkan diri secara daring lewat sistem yang saat ini tengah disiapkan dan dirancang.

Dalam sistem tersebut juga nantinya akan disediakan jasa pemandu bagi yang tertarik untuk memanfaatkannya selama pendakian Gunung Lawu.

Rencana sistem daftar online pada 2020

Kompas.com memberitakan, Minggu (16/8/2020), sebuah video yang menunjukkan situasi pos pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu pada hari itu tampak ramai oleh pendaki.

Suatu titik di lereng Gunung Lawu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Suatu titik di lereng Gunung Lawu.

Adapun, keramaian yang tampak dalam video yang viral tersebut adalah karena mereka ingin merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia pada Senin (17/8/2020),
Video tersebut diunggah oleh banyak media sosial, salah satunya adalah akun Instagram @gunungindonesia.

Baca juga: Telaga Madirda yang Menawan di Kaki Gunung Lawu, Pas untuk Liburan Akhir Pekan

Guna mengantisipasi kembali membludaknya jumlah pendaki, Marwoto dalam berita tersebut mengatakan bahwa pihaknya tengah memikirkan strategi sistem daftar atau registrasi daring.

“Ke depan, akan ada sistem online juga, tapi kami masih buat sistemnya akan seperti apa. Masih dirumuskan bagian IT Lawu Ds,” ungkapnya, Minggu.

Selain penerapan sistem registrasi daring, langkah antisipasi lain yang telah diterapkan hingga kini untuk menghindari penumpukan calon pendaki adalah pembelian tiket diwakilkan oleh satu orang.

Terkait kapan pastinya sistem registrasi daring sudah bisa digunakan, calon pendaki dapat memantau akun Instagram @anakgununglawu atau Facebook atas nama Anak Gunung Lawu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com