Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jalur Pendakian Gunung Lawu, Mana Favoritmu?

Kompas.com - 22/04/2021, 20:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comGunung Lawu memiliki lima jalur resmi yang dapat dilewati oleh para sobat pendaki yang sudah tidak sabar untuk menjelajahi gunung tersebut.

Adapun, lima jalur itu tersebar di beberapa wilayah yakni Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah, serta Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Setiap jalur yang ada memiliki pesona dan rintangannya tersendiri. Selain itu, pemandangan yang akan menyambut para pendaki pun akan berbeda meski sama-sama indah.

Untuk diketahui, jalur pendakian Gunung Lawu terdiri dari Cemara Kandang, Candi Cetho, Tambak, Cemara Sewu, dan Singolangu.

Baca juga: Aturan Baru Pendakian Gunung Lawu via Karanganyar, Pemula Wajib Didampingi

“Jalur Tambak lagi uji coba dulu sekarang. Masih dalam proses administrasi perjanjian. Sebentar lagi resmi,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, Kamis (22/4/2021).

Sementara itu, Asisten Perhutani (Asper)/Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu Selatan (KBKPH), Kesatuan Pemangku Hutan Lawu dan sekitarnya (Ds) bernama Marwoto mengatakan, jalur Singolangu masih dikelola oleh masyarakat.

Pendakian Cemara Sewu resmi dikelola oleh Perhutani. Untuk Singolangu, masyarakat masih diajukan kerja sama dengan Perhutani,” ungkap dia.

Peta Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu dan Cemara Kandang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Peta Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu dan Cemara Kandang.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum medan pada jalur-jalur pendakian Gunung Lawu:

Jawa tengah

  • Cemara Kandang

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan, Kamis, jalur pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang terbilang landai.

“Yang terjal hanya sedikit. Jalannya relatif nyaman, tapi jauh. Dia sebagian jalur berbatu sekitar 30-40 persen, sisanya tanah,” tutur dia.

Mengutip Kompas.com, Selasa (3/9/2019), jalur Cemara Kandang memiliki jarak tempuh menuju puncak yang lebih jauh. Sebab, jalurnya dibuat berkelok.

Apabila kamu memilih jalur ini, pemandangan terbuka di Pos Bayangan antara Pos II menuju Pos III akan menyambutmu.

Jika kamu tiba di sana saat cuaca sedang cerah, pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu akan terlihat sangat jelas.

Pos V Bulak Peperangan Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pos V Bulak Peperangan Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho.

  • Candi Cetho

Untuk jalur pendakian via Candi Cetho, menurut Titis jalur menanjaknya agak terjal. Meski begitu, pemandangan yang ditawarkan tidak ada duanya.

Sebab, di sana terdapat sebuah sabana yang dinamakan Bulak Peperangan, serta Gupakan Menjangan dengan nuansa asri dan indah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com