Kompas.com - 23/04/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi kursi pesawat. SHUTTERSTOCKIlustrasi kursi pesawat.

KOMPAS.com – Sebuah studi menemukan, mengosongkan kursi tengah di pesawat dapat membantu mengurangi risiko penumpang terpapar virus Covid-19.

Pengurangan sebesar 23-57 persen dihasilkan dari penelitian tersebut jika dibandingkan saat pesawat terisi penuh.

Baca juga: GeNose Bisa Jadi Syarat Naik Pesawat Mulai 1 April, Ini Ketentuannya

Melansir Associated Press, para peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention atau CDC) Amerika Serikat dan Kansas State University memperkirakan seberapa jauh partikel virus menyebar di dalam pesawat.

Penumpang di dalam pesawat. UNSPLASH/Killian Pham Penumpang di dalam pesawat.

Mereka menggunakan model yang dapat mengeluarkan aerosol untuk mengecek aliran partikel virus di dalam mock-up kabin pesawat.

Baca juga: Kru Pesawat Dua Maskapai Ini Sudah Divaksinasi Covid-19

Namun, studi yang diterbitkan pada Rabu (14/4/2021) ini belum mengeksplorasi pemakaian masker atau bagaimana jika penumpang telah divaksinasi.

CDC sendiri tidak menyarankan masyarakat yang belum divaksinasi untuk bepergian dan mengharuskan penumpang untuk tetap mengenakan masker selama di perjalanan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X