Kompas.com - 24/04/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi India - Pemandangan Taj Mahal (Photo by Sylwia Bartyzel on Unsplash). Photo by Sylwia Bartyzel on UnsplashIlustrasi India - Pemandangan Taj Mahal (Photo by Sylwia Bartyzel on Unsplash).

KOMPAS.com – Meski Pemerintah Indonesia menyetop pemberian visa bagi warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal dan/atau berkunjung ke India mulai Minggu (25/4/2021), warga negara Indonesia (WNI) dari India diizinkan untuk pulang ke Tanah Air.

Hal ini diumumkan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Eknomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Kisah Turis Asing di India Terpaksa Isolasi Diri di Goa, Kehabisan Uang untuk Hotel

“WNI yang akan kembali ke Indonesia dan pernah tinggal atau mengunjungi India dalam kurun waktu 14 hari tetap diizinkan masuk dengan protokol kesehatan yang ketat,” tutur dia.

Adapun, mereka hanya diizinkan untuk mendarat di Bandara Soekarno-Hata, Juanda, Kualanamu, dan Sam Ratulangi.

Sementara untuk jalur laut adalah Batam, Tanjung Pinang, dan Dumai. Kemudian, jalur darat adalah Entikong, Nunukan, dan Malinau terkait dengan kepulangan Palang Merah Indonesia (PMI) dari Malaysia.

Baca juga: Sejarah Rempah di Indonesia, Ada Pengaruh dari India, Spanyol, dan Portugis

“Kemudian, WNI tersebut berlakukan wajib karantina 14 hari di hotel khusus. Beda dengan hotel lain,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut, mereka wajib lolos tes PCR dengan hasil negatif yang diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Pada hari pertama kedatangan dan hari ketiga belas saat karantina, para WNI akan kembali dites PCR. Airlangga mengatakan, pengetatan ini diberlakukan untuk seluruh moda transportasi.

Ilustrasi India - Sebuah bangunan bernama Hawa Mahal di Jaipur India (Photo by Ibrahim Rifath on Unsplash).Photo by Ibrahim Rifath on Unsplash Ilustrasi India - Sebuah bangunan bernama Hawa Mahal di Jaipur India (Photo by Ibrahim Rifath on Unsplash).

“Ketentuan akan dilanjutkan dengan surat edaran dari Dirjen Imigrasi Kemenkumham, dan juga dari lembaga lain yang terkait dengan ini. Peraturan ini sifatnya akan sementara dan akan terus dikaji ulang,” jelas dia.

WNA dilarang masuk

Adapun, Indonesia resmi menyetop pengeluaran visa bagi warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal dan/atau berkunjung ke India dalam kurun waktu 14 hari mulai Minggu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X