Kompas.com - 24/04/2021, 20:31 WIB
Pantai Ngobaran, salah satu obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPantai Ngobaran, salah satu obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul.

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Gunungkidul dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memaksimalkan pengunjung lokal selama libur lebaran 2021.

Pemerintah pun berharap perekonomian, khususnya sektor pariwisata tetap berputar saat larangan mudik.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, pihaknya akan menyiapkan personel untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan pada libur lebaran nanti.

"Kamis (28/4/2021) kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait. Kita juga mengantisipasi lonjakan pengunjung saat libur lebaran nanti," kata Harry saat dihubungi kompas.com, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Mudik Dilarang, Wisata Yogyakarta Hanya Boleh Dikunjungi Warga DIY

Selama libur lebaran, pengunjung harus tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. Pihaknya juga tetap melakukan pembatasan pengunjung yakni 50 persen dari total kapasitas destinasi.

Harry menyebut jika nantinya tidak akan ada pemeriksaan dokumen kepada pengunjung saat masuk destinasi wisata karena sudah ada penyekatan dari instansi lain di pintu masuk DIY.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Gunungkidul Drajad Ruswandono mengatakan bahwa pemerintah berupaya agar perekonomian masyarakat tidak berhenti sembari menekan angka penyebaran covid-19 di Gunungkidul.

Apalagi banyak pelaku usaha yang menantikan momentum libur lebaran untuk memulihkan perekonomian.

Baca juga: Syarat Terbaru Berwisata ke DIY, Bisa Pakai Hasil Tes GeNose

 

Gunungkidul sebagai tujuan wisata setiap libur lebaran destinasi wisata selalu dipadati pengunjung. Untuk wisata, pihaknya hanya meminta pengunjung dan pengelola menaati protokol kesehatan.

"Pergerakan lokal tetap harus bangkit supaya nanti jangan sampai ekonomi masyarakat pelaku usaha sudah ditunggu (libur lebaran) betul-betul stag," kata Drajad.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X