Perancis, Negara Pertama di Eropa yang Luncurkan Paspor Kesehatan Digital untuk Perjalanan

Kompas.com - 25/04/2021, 12:31 WIB
Ilustrasi Perancis - Menara Eiffel di Paris, Perancis (Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash). Photo by Anthony DELANOIX on UnsplashIlustrasi Perancis - Menara Eiffel di Paris, Perancis (Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash).

 

KOMPAS.com – Perancis menjadi negara pertama di Eropa yang meluncurkan paspor kesehatan digital bernama TousAntiCovid untuk perjalanan.

Melansir Travel and Leisure, Rabu (21/4/2021), hal tersebut lantaran Perancis meulai menguji paspor digital yang banyak dibicarakan guna memulai kembali perjalanan internasional pekan ini.

Baca juga: Perancis Akan Sambut Turis Asing yang Sudah Vaksinasi Covid-19

Menurut laporan Le Monde, TousAntiCovid tengah diuji coba untuk penerbangan ke Corsica, wilayah Perancis di Mediterania. Aplikasi ini diharap akan diperluas untuk mencakup sertifikat vaksin pada 29 April 2021.

Paspor kesehatan digital akan diperluas ke penerbangan internasional. Bahkan, paspor dapat digunakan untuk hal-hal seperti festival dan konser, tetapi tidak untuk bar dan restoran.

Ide di balik paspor kesehatan digital

Paspor ini muncul saat Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa dia ingin melonggarkan pembatasan perjalanan internasional pada musim panas tahun ini, termasuk untuk orang Amerika yang telah divaksinasi Covid-19.

Ilustrasi Perancis - Pemandangan Etretat di Seine-Maritime, Perancis (Photo by MITCH BOEHN on Unsplash).Photo by MITCH BOEHN on Unsplash Ilustrasi Perancis - Pemandangan Etretat di Seine-Maritime, Perancis (Photo by MITCH BOEHN on Unsplash).

Pada Minggu (18/4/2021), Macron mengatakan kepada CBS Face the Nation, rencananya adalah untuk mencabut pembatasan secara progresif.

Ke depan, siapa pun yang mendapatkan tes Covid-19 di Perancis akan menerima SMS atau email dengan akses ke dokumen online bersertifikasi negara.

Baca juga: 3 Kota Termahal di Dunia Selama Pandemi Covid-19, Paris Urutan ke-1

Adapun, The Guardian melaporkan bahwa dokumen tersebut nantinya dapat dicetak atau disimpan dalam aplikasi TousAntiCovid.

Pekan depan, hal yang sama berlaku bagi mereka yang divaksinasi. Aplikasi ini kemudian akan menghasilkan kode QR yang aman.

Bagian dari sistem seluruh Eropa

Sementara itu, Sekretaris Negara Perancis untuk transisi digital Cedric O mengatakan kepada The Guardian bahwa uji coba tersebut akan menjadi salah satu bagian dari sistem seluruh Eropa yang diperkuat, terkonsolidasi, dan terstandardisasi.

Ilustrasi Perancis - Pemandangan Royal Gate atau Porte d?Ardon di Laon, Perancis (Photo by Adrien Tutin on Unsplash).Photo by Adrien Tutin on Unsplash Ilustrasi Perancis - Pemandangan Royal Gate atau Porte d?Ardon di Laon, Perancis (Photo by Adrien Tutin on Unsplash).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X