Kompas.com - 27/04/2021, 16:05 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Humas Bandara I Gusti Ngurah RaiBandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Singapore Airlines akan kembali terbang ke Bali pada 4 Mei 2021.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Singapore Airlines sudah memberitahu kami dan akan kembali melayani penerbangan ke Bali mulai tanggal 4 Mei dan ini patut kita apresiasi,” kata Sandiaga saat weekly briefing pada Selasa (27/4/2021) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Baca juga: Menparekraf Pastikan Jadwal Bali Sambut Turis Asing Tak Berubah

Menurutnya, keputusan maskapai penerbangan tersebut guna mengantisipasi banyaknya kunjungan saat Travel Corridor Arrangement (TCA) dibuka nanti.

“Di sisi lain, ini menjadi satu sinyal agar persiapan pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Bali, harus terus didorong dan dimantapkan. Sehingga, bila nantinya wisatawan mancanegara dapat berkunjung, kualitas bisa kita tingkatkan, lama kunjungan bisa kita perpanjang, dan kualitas belanja mereka bisa lebih dirasakan oleh masyarakat, khususnya di Bali,” jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sandiaga menambahkan bahwa hingga saat ini belum ada perubahan peraturan tentang kedatangan warga negara asing (WNA) seperti yang diatur Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 26 Tahun 2020.

Pihaknya juga sedang menyiapkan strategi komunikasi agar wisatawan asing memahami peraturan tersebut.

Baca juga: Aturan Terbaru WNA Masuk Indonesia per 9 Februari 2021

Mengutip Kompas.com, berdasarkan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020, hanya WNA yang melakukan perjalanan bisnis yang diizinkan memasuki wilayah Indonesia.

“Pada saat ini, pengunjung internasional yang boleh masuk wilayah Indonesia adalah (yang) memegang dokumen khusus seperti harus memiliki Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas), Kitap (Kartu Izin Tinggal Tetap), atau tugas negara lain,” terang Sandiaga.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.