Kompas.com - 27/04/2021, 20:37 WIB
Chernobyl - Kota Pripyat yang termasuk dalam Chernobyl Exclusion Zone, Ukraina. PIXABAY / ????? ??????Chernobyl - Kota Pripyat yang termasuk dalam Chernobyl Exclusion Zone, Ukraina.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih mewabah di dunia membawa dampak buruk bagi seluruh sektor di berbagai negara, termasuk sektor pariwisata.

Baca juga: Chernobyl Incar Posisi dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO

Seluruh tempat wisata di berbagai negara mengalami penurunan jumlah pengunjung lantaran adanya aturan pembatasan kuota pengunjung dan pembatasan perjalanan antar negara atau perjalanan internasional.

Baca juga: Chernobyl, dari Bencana Nuklir sampai Tempat Wisata

Tak terkecuali situs nuklir Chernobyl di Ukraina yang mengalami penurunan pengunjung sejak pandemi Covid-19 berlangsung.

Melansir dari CNN.com, di tahun 2019, sekitar 104.000 orang mengunjungi tempat itu. Namun, angka tersebut turun hingga 32.000 orang di tahun 2020.  

Chernobyl - Kota Pripyat yang termasuk dalam Chernobyl Exclusion Zone, Ukraina.PIXABAY / ????? ?????? Chernobyl - Kota Pripyat yang termasuk dalam Chernobyl Exclusion Zone, Ukraina.

Selain wisatawan lokal, sejumlah turis asing juga turut menyambangi lokasi bersejarah ini. Mereka menjadi penasaran dan tertarik setelah menonton serial TV populer Chernobyl di HBO.

Baca juga: Dibuka! Hostel Pertama di Kota Hantu Chernobyl

Besar animo dari wisatawan asing sendiri sekitar 80 persen dari total seluruh pengunjung, tetapi pembatasan perjalanan secara global menyebabkan terjadinya pasang surut angka pengunjung.

Baca juga: Warga Ukraina dan Polandia Siap Berwisata ke Indonesia

Kendati demikian, direktur Chernobyl Tour Yaroslav Yemelyanenko mengatakan bahwa dirinya optimis tentang masa depan pariwisata Chernobyl.

Sebagai informasi, Chernobyl Tour adalah perusahaan asal Ukraina yang khusus melayani tur di Exclusion Zone (Zona Pengecualian) Chernobyl. 

Chernobyl berinovasi di tengah pandemi Covid-19

Yaroslav mengatakan bahwa perusahaannya sedang mengerjakan program kreatif terbarunya dengan memanfaatkan suasana di Exclusion Zone yang menegangkan. 

Baca juga: Pantai Unik di Rusia, Punya Pasir Kaca

Baru-baru ini, tur ke Chernobyl mencakup beberapa aktivitas, antara lain kayaking dan berwisata dengan perahu di Sungai Pripyat. Tidak hanya itu, mereka juga menawarkan wisata terbang di atas Chernobyl, Pripyat, dan Radar Duga.

Baca juga: Penerbangan Moskwa-Denpasar Dongkrak Kunjungan Wisatawan Rusia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X