Kompas.com - 28/04/2021, 07:10 WIB
Wisatawan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. UNSPLASH/Rendy NovantinoWisatawan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang menyiapkan satu aplikasi end-to-end yang akan membantu pelancong merencanakan serta menerapkan protokol kesehatan selama berwisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait, di antaranya Kementerian Komunikasi dan Informatika serta PT Telkom dan dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Baca juga: Kemenparekraf Perbarui Target Turis Domestik dan Asing Akibat Pandemi

Sandiaga menjelaskan bahwa aplikasi tersebut akan memantau wisatawan mulai tahap perencanaan hingga kepulangannya.

“Kita menyasar sebelum mereka mendarat (di Indonesia) dalam menentukan dan merencanakan perjalanan hingga selesai dan memberi testimony atas kunjungannya ke Indonesia,” tuturnya dalam weekly briefing pada Selasa (27/4/2021) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Baca juga: Desa Wisata Jadi Program Unggulan Kemenparekraf

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencananya aplikasi tersebut akan terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain yang ada di setiap daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.