Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seharian Keliling Pacitan, Cocok untuk Wisata Lokal saat Lebaran

Kompas.com - 28/04/2021, 09:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabupaten Pacitan di Jawa Timur merupakan rumah bagi salah satu pantai paling menawan di Nusantara yakni Pantai Klayar.

Namun selain Pantai Klayar, destinasi wisata tersebut juga memiliki sejumlah lokasi menarik yang sayang untuk dilewati.

Jika kamu berdomisili di Pacitan dan tidak bisa mengunjungi tempat wisata di tujuan mudik karena ada larangan pada 6-17 Mei 2021, kamu tetap bisa berwisata lokal di domisilimu.

Baca juga: Geliat Pariwisata Pacitan, Pantai Watu Bale Jadi Tempat Wisata Favorit

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut itinerary satu hari berwisata di Pacitan yang telah Kompas.com rangkum, Selasa (27/4/2021).

Meski tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, kamu tetap wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika sakit.

Pilihan tempat wisata di Pacitan

  • Goa Gong

Tempat wisata pertama yang dapat dikunjungi adalah Goa Gong di Jalan Salam, Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Bomo.

Goa Gong merupakan goa sepanjang 256 meter yang memiliki beragam stalakmit dan stalaktit. Bahkan, beberapa di antaranya diberi nama seperti Selo Jengger Bumi, Selo Bantaran Angin, dan Selo Pakuan Bomo.

Keindahan batuan di Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur dengan warna-warni dari lampu sorot.Nicholas Ryan Aditya Keindahan batuan di Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur dengan warna-warni dari lampu sorot.

Selain itu, di sana juga ada Sendang Relung Nisto yang dikenal sebagai sendang untuk membuang sial. Ada juga sebuah ruang dalam goa yang memiliki batu berbunyi gong.

Tempat wisata tersebut buka setiap hari pukul 07:00-16:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya, kamu bisa belanja dulu atau beli makanan di area kuliner yang sudah disediakan sebagai bekal untuk ke tempat wisata selanjutnya.

Baca juga: Pesona Pantai Klayar, Seruling Samudra hingga Sphinx van Java

  • Pantai Klayar

Pantai Klayar berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Jarak dari Goa Gong ke tempat wisata ini adalah sekitar 12,7 kilometer atau 24 menit. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang.

Tempat wisata ini memiliki seruling samudra atau sebuah lubang/celah lempeng karang yang pada waktu-waktu tertentu menyemburkan air.

Batuan Karang Unik di Pantai KlayarKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Batuan Karang Unik di Pantai Klayar

Dikatakan bahwa semburan tersebut bisa setinggi tujuh meter apabila ombak besar menerjang. Saat ombak datang, celah akan menimbulkan suara bak seruling.

Selain melihat seruling samudra, ada juga formasi batuan karang seperti patung Sphinx di Mesir. Hal ini membuat Pantai Klayar disebut sebagai Sphinx van Java.

Apabila ingin mengelilingi pantai selain berjalan kaki, kamu juga bisa naik ATV dengan harga Rp 50.000 untuk dua orang. Jika ingin membawanya sendiri, harganya Rp 75.000. Durasi naik ATV adalah 30 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com