Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Seharian Wisata di Banjarnegara Jateng, Main ke Desa Wisata

Kompas.com - 28/04/2021, 10:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Saat bicara tentang Banjarnegara, sebagian besar masyarakat mungkin langsung terpikir Dataran Tinggi Dieng.

Kendati demikian, salah satu kabupaten di Jawa Tengah tersebut memiliki beragam tempat wisata menarik yang tidak kalah serunya dengan kawasan wisata Dieng.

Jika kamu berdomisili di Banjarnegara dan tidak bisa berkunjung ke tempat wisata di tujuan mudik karena ada larangan pada 6-17 Mei 2021, kamu tetap bisa berwisata lokal di domisilimu.

Baca juga: Dieng Banjarnegara Siapkan Alur Wisatawan untuk Urai Kerumunan

“Kalau dari arah barat, dari arah Purwokerto, itu kita bisa nikmati Desa Wisata Gumelem,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto, Senin (26/4/2021).

Selain berkunjung ke desa wisata, ada juga beberapa tempat wisata lain yang bisa dikunjungi dalam satu hari.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut itinerary satu hari berwisata di Banjarnegara yang telah Kompas.com rangkum, Selasa (27/4/2021).

Meski tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, kamu tetap wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika sakit.

Pilihan tempat wisata di Banjarnegara

  • Desa Wisata Gumelem

Desa Wisata Gumelem terdiri dari Desa Gumelem Wetan dan Desa Gumelem Kulon yang terletak di Kecamatan Susukan. Agung mengatakan bahwa desa tersebut memiliki wisata air panas yakni Pemandian Dapit.

“Kemudian ada batik kerajinan Gumelem dan ada masjid yang masuk cagar budaya,” ujar dia.

Baca juga: Desa Wisata di Banjarnegara, Kerajinan Keramik hingga Tubing di Goa

Melansir situs resmi Pemprov Jateng, daya tarik lain yang dimiliki desa wisata ini adalah wisata religi dalam bentuk Makam Ki Ageng Giring dan Makam Sunan Geseng, serta wisata kuliner.

Ketua Tim Penggerak PKK Banjarnegara Marwi Budhi Sarwono (dua dari kanan), praktik membatik di Desa Wisata Gumelem, Susukan, Banjarnegara, Senin (8/2/2021).TRIBUN BANYUMAS/ISTIMEWA Ketua Tim Penggerak PKK Banjarnegara Marwi Budhi Sarwono (dua dari kanan), praktik membatik di Desa Wisata Gumelem, Susukan, Banjarnegara, Senin (8/2/2021).

Selama berada di sana, kamu bisa mencicipi hidangan khas Desa Wisata Gumelem seperti landan petis, wedang jalang, wedang jembawuk, dan kopi goong.

Sebagai desa yang terkenal akan kerajinan batiknya, wisatawan dapat coba belajar membatik di salah satu pengrajin batik Gumelem.

  • Desa Klampok

Desa Klampok terletak di Kecamatan Purwareja Klampok. Jarak dari Desa Wisata Gumelem ke Desa Klampok adalah sekitar 9,7 kilometer atau 21 menit.

Desa ini merupakan sentra industri keramik Klampok yang cukup terkenal. Sebab, kerajinan keramik di sana sudah ada sejak tahun 1957.

Baca juga: 7 Aktivitas Seru di Curug Sinom Indah Banjarnegara

Jika berkunjung ke sana, kamu bisa melihat bagaimana proses pembuatan dari salah satu oleh-oleh khas Banjarnegara yang menarik ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com