Kompas.com - 28/04/2021, 12:11 WIB
Bendungan Kendalsari atau Karangkendal di Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABendungan Kendalsari atau Karangkendal di Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Siapa sangka di lereng Gunung Merapi ada satu obyek wisata tersembunyi yang menawarkan pemandangan cantik.

Baca juga: 8 Pesona Dusun Girpasang di Klaten, Naik Gondola sampai Trekking

Tempat wisata itu bernama Bendungan Kendalsari Kemalang yang berlokasi di Dukuh Karangkendal RT.12/ RW.05, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Bayan Dusun Karangkendal, Desa Kendalsari Klaten, Sunarto, menjelaskan bahwa bendungan tersebut merupakan kawasan wisata yang menawarkan panorama bendungan yang berfungsi sebagai tempat penampungan air yang jernih dan banyak ikannya.

Baca juga: Wisata Air di Klaten Tetap Buka meski Padusan Dilarang, Ini Aturannya

Sesampainya di kawasan tersebut, mata pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam berlatar belakang Gunung Merapi.

"Jadi Bendungan Kendalsari dulunya itu sebuah lerenan/lubang yang dibendung untuk guyang sapi, tapi saat ini dijadikan sebagai obyek wisata. Pengunjung bisa lihat ikan-ikan dan menikmati pemandangan Gunung Merapi," kata Sunarto saat dihubungi oleh pihak Kompas.com, Kamis (26/4/2021).

Baca juga: Tempat Wisata Klaten Buka Lagi meski PPKM Diperpanjang

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Selain melihat ikan dan menikmati pemandangan Gunung Merapi, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru lainnya di obyek wisata tersebut.

Di antaranya, memberi makan burung merpati, memancing ikan, berolahraga di sekitar kawasan, bermain sepeda, dan bersantai ria sambil berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi.

Gunung Merapi dilihat dari Bendungan Kendalsari atau Karangkendal, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Merapi dilihat dari Bendungan Kendalsari atau Karangkendal, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Di kawasan tersebut juga terdapat rumah makan yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata. Jadi, sementara pengunjung bersantai dan menikmati pemandangan alam, mereka juga bisa membeli makanan di sana.

Baca juga: 8 Pesona Dusun Girpasang di Klaten, Naik Gondola sampai Trekking

Jam buka obyek wisata Bendungan Kendalsari

Saat ini obyek wisata Bendungan Kendalsari bisa dikunjungi oleh wisatawan dari hari Senin-Minggu, mulai pukul 06:00-18:00 WIB.

Sejarah Bendungan Kendalsari

Sunarto menceritakan, Bendungan Kendalsari sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Baca juga: Unik, Watergong Klaten Punya Sungai Jernih Penuh Ikan Seperti di Jepang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X