Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Paket Wisata Air Terjun Tri Sakti Rejang Lebong, Tertarik?

Kompas.com - 29/04/2021, 16:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comAir Terjun Tri Sakti di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu merupakan air terjun tertinggi di provinsi tersebut lantaran memiliki tinggi 84 meter.

Selain ketinggiannya, ada faktor lain yang membuat tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu aliran airnya yang mencakup air dingin dan air hangat.

Apabila ingin berkunjung sambil menikmati pemandangan alam yang asri yang ditawarkan, Ketua BUMDes Soleh SP mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan paket wisata.

Baca juga: Benteng Marlborough, Potensi Besar Datangkan Wisman Inggris ke Bengkulu

“Saat ini kita sudah menyiapkan paket wisata senilai Rp 150.000 per orang per hari,” ungkap dia kepada Antara, Selasa (27/4/2021).

Dalam paket wisata tersebut, terdapat layanan jemput-antar dari desa menuju lokasi air terjun, jamuan kopi di rumah inovasi, makan siang, canyoning, serta ekowisata ke rumah pengelolaan nira.

Adapun, jarak dari desa menuju lokasi air terjun adalah sekitar 2 kilometer (km). Pengunjung akan dijemput dan diantar menggunakan sepeda motor.

Namun, sepeda motor telah dimodifikasi guna menyesuaikan tanah, bebatuan, serta tebing terjal yang akan dilewati oleh wisatawan.

Para pengunjung tidak perlu khawatir lantaran pengemudi sudah handal dan menguasai medan yang akan dilalui.

Baca juga: 4 Obyek Wisata Sejarah yang Bisa Dikunjungi di Bengkulu

Main di air terjun

Untuk kegiatan wisata yang masuk dalam paket, wisatawan akan diajak bermain canyoning. Pengunjung akan turun dari atas air terjun hingga ke dasar menggunakan peralatan panjat tebing.

Selama kegiatan, wisatawan akan dipandu oleh tenaga ahli sehingga bisa turun dengan aman dan mereka tidak perlu khawatir.

“Pengunjung yang membeli paket ini juga bisa melihat aktivitas pengolahan air nira hingga menjadi gula aren,” jelas Soleh.

Dalam kegiatan tersebut, wisatawan akan diperlihatkan proses pengolahan mulai dari penyadapan hingga memasak air nira. Bahkan, mereka juga dapat menikmati langsung air nira yang disadap dari batangnya.

Baca juga: Pulau Tikus, Destinasi yang Sedang Hit di Bengkulu

Apabila ingin berkunjung, Air Terjun Tri Sakti berlokasi di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Jarak dari Kota Curup atau Ibu Kota kabupaten tersebut adalah sekitar 40 km. Jika posisimu berada di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, jarak menuju tempat wisata hanya sekitar 5 km.

Kepala Desa Belitar Seberang bernama Kasiyadi mengatakan, saat ini Air Terjun Tri Sakti tidak berlakukan tarif masuk.

Wisatawan hanya perlu memberi sumbangan sukarela untuk perawatan dan kebersihan tempat wisata.

“Pengunjung yang hendak datang ke tempat ini bisa berjalan kaki, atau mengendarai sepeda motor. Namun karena jalannya turun naik, maka akan lebih cepat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor karena jaraknya dari desa sekitar 2 km,” tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com