Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Kerinci Buka Lagi Usai Lebaran 2021, Ini Cara Pesan Pendakian

Kompas.com - 29/04/2021, 19:45 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Agusman mengatakan bahwa jalur pendakian Gunung Kerinci akan kembali dibuka usai Lebaran 2021, tepatnya pada 18 Mei 2021.

"Mulai tanggal 18 Mei 2021 kita akan kembali buka, usai Lebaran ya," kata Agusman saat dihubungi oleh Pihak Kompas.com, Rabu (28/4/2021).

Sebelumnya diberitakan bahwa pendakian Gunung Kerinci ditutup sementara pada 5-17 Mei 2021 dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H. 

Baca juga: Pendakian Wisata Gunung Kerinci Ditutup Selama Lebaran 2021

Sementara itu, para wisatawan yang berencana melakukan pendakian Gunung Kerinci setelah penutupan bisa bersiap untuk melakukan pemesanan tiket pendakian.

Namun, terkait pemesanan tiket, ada hal yang perlu diketahui oleh para wisatawan sebelum berkunjung.

Para pendaki dari luar negeri saat berpose dengan pendaki lokalKompas.com/Suwandi Para pendaki dari luar negeri saat berpose dengan pendaki lokal

Berbeda dengan sistem pendakian gunung lainnya, di antaranya Gunung Rinjani dan Gunung Semeru yang sudah menerapkan sistem online booking lewat aplikasi, Gunung Kerinci justru masih menerapkan sistem pesan langsung.

"Sampai saat ini kami belum menerapkan sistem jual tiket secara online," kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNKS, Agusman.

Cara pesan tiket pendakian ke Gunung Kerinci

Agusman menjelaskan, pemesanan dan transaksi tiket pendakian bisa dilakukan secara langsung oleh pengunjung di pintu masuk objek wisata Gunung Kerinci.

Apabila pengunjung tidak ingin mengantri di pintu masuk objek wisata, bisa juga melakukan pemesanan tiket melalui pemandu-pemandu lokal yang ada di kawasan Gunung Kerinci.

Baca juga: Air Terjun Telun Berasap, Keindahan Terselip di Taman Nasional Kerinci

Selain itu, para wisatawan juga bisa memesan tiket dengan menghubungi nomor kontak petugas pusat informasi Gunung Kerinci di Kersik Tuo.

"Para pengunjung yang mau pesan tiket pendakian bisa langsung di pintu masuk objek wisata, atau bisa juga menghubungi akun media sosial BBTN Kerinci Seblat," kata Agusman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com