Kompas.com - 29/04/2021, 19:45 WIB
Gunung Kerinci shutterstockGunung Kerinci

 

KOMPAS.com - Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Agusman mengatakan bahwa jalur pendakian Gunung Kerinci akan kembali dibuka usai Lebaran 2021, tepatnya pada 18 Mei 2021.

"Mulai tanggal 18 Mei 2021 kita akan kembali buka, usai Lebaran ya," kata Agusman saat dihubungi oleh Pihak Kompas.com, Rabu (28/4/2021).

Sebelumnya diberitakan bahwa pendakian Gunung Kerinci ditutup sementara pada 5-17 Mei 2021 dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H. 

Baca juga: Pendakian Wisata Gunung Kerinci Ditutup Selama Lebaran 2021

Sementara itu, para wisatawan yang berencana melakukan pendakian Gunung Kerinci setelah penutupan bisa bersiap untuk melakukan pemesanan tiket pendakian.

Namun, terkait pemesanan tiket, ada hal yang perlu diketahui oleh para wisatawan sebelum berkunjung.

Para pendaki dari luar negeri saat berpose dengan pendaki lokalKompas.com/Suwandi Para pendaki dari luar negeri saat berpose dengan pendaki lokal

Berbeda dengan sistem pendakian gunung lainnya, di antaranya Gunung Rinjani dan Gunung Semeru yang sudah menerapkan sistem online booking lewat aplikasi, Gunung Kerinci justru masih menerapkan sistem pesan langsung.

"Sampai saat ini kami belum menerapkan sistem jual tiket secara online," kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNKS, Agusman.

Cara pesan tiket pendakian ke Gunung Kerinci

Agusman menjelaskan, pemesanan dan transaksi tiket pendakian bisa dilakukan secara langsung oleh pengunjung di pintu masuk objek wisata Gunung Kerinci.

Apabila pengunjung tidak ingin mengantri di pintu masuk objek wisata, bisa juga melakukan pemesanan tiket melalui pemandu-pemandu lokal yang ada di kawasan Gunung Kerinci.

Baca juga: Air Terjun Telun Berasap, Keindahan Terselip di Taman Nasional Kerinci

Selain itu, para wisatawan juga bisa memesan tiket dengan menghubungi nomor kontak petugas pusat informasi Gunung Kerinci di Kersik Tuo.

"Para pengunjung yang mau pesan tiket pendakian bisa langsung di pintu masuk objek wisata, atau bisa juga menghubungi akun media sosial BBTN Kerinci Seblat," kata Agusman.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X