Kompas.com - 30/04/2021, 18:21 WIB
Kapal pesiar Norwegian Gem dari Norwegian Cruise Line yang akan melayani rute di bagian timur Kepulauan Karibia. dok. Norwegian Cruise LineKapal pesiar Norwegian Gem dari Norwegian Cruise Line yang akan melayani rute di bagian timur Kepulauan Karibia.

KOMPAS.com - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengumumkan bahwa kapal pesiar sudah bisa kembali berlayar sementara di perairan Amerika pada pertengahan Juli mendatang.

Namun, CDC menghimbau pelaku industri kapal pesiar untuk menaati seluruh aturan yang diberlakukan oleh pihaknya saat berlayar kembali.

Salah satunya, pihak kapal pesiar harus mengikuti panduan teknis pelayaran selama masa pandemi Covid-19 yang yang tertuang dalam CSO (Conditional Sailing Order).

Baca juga: Kapal Pesiar Norwegian Cruise Line Siap Berlayar Bulan Juli 2021

Melansir dari usatoday.com, kebijakan itu ditetapkan lantaran CDC menilai aktivitas pelayaran berisiko cukup tinggi dalam hal penyebaran virus Covid-19.

"Kami mengakui bahwa berlayar merupakan aktivitas yang berisiko, maka pendekatan bertahap CSO diterapkan untuk memulai kembali pelayaran berpenumpang yang dapat mengurangi risiko penularan Covid-19 di atas kapal pesiar dan di seluruh pelabuhan," ujar Aimee Treffiletti, Kepala Unit Maritim CDC dalam Satuan Tugas Mitigasi Globalnya.

A view of the Hurtigruten's vessel MS Roald Amundsen, docked in Tromso, Norway, Sunday, Aug. 2, 2020. Over 30 crew members and an unconfirmed number of passengers have so far tested positive for the coronavirus after two international cruises which resumed operation recently, since the outbreak of the coronavirus pandemic. (Terje Pedersen/NTB scanpix via AP)Terje Pedersen A view of the Hurtigruten's vessel MS Roald Amundsen, docked in Tromso, Norway, Sunday, Aug. 2, 2020. Over 30 crew members and an unconfirmed number of passengers have so far tested positive for the coronavirus after two international cruises which resumed operation recently, since the outbreak of the coronavirus pandemic. (Terje Pedersen/NTB scanpix via AP)

Hal serupa juga disampaikan oleh juru bicara CDC, Caitlin Shockey. Ia mengatakan, pelayaran bisa dimulai kembali asalkan pihak kapal pesiar patuh dengan syarat perjalanan yang telah dirancang CDC.

Baca juga: Kanada Perpanjang Larangan untuk Kapal Pesiar Hingga 2022

Caitlin mewajibkan perusahaan kapal pesiar untuk menyerahkan perjanjian Tahap 2A secepatnya agar jadwal tidak mundur. 

Adapun beberapa aturan yang dibuat oleh CDC, di antaranya kapal harus lulus uji simulasi pelayaran serta berlayar dengan 95 persen penumpang serta 98 persen awak yang telah divaksinasi.

Selanjutnya, CDC akan memeriksa dan membalas aplikasi uji simulasi pelayaran dari perusahaan kapal pesiar dalam waktu lima hari. 

Baca juga: Sejumlah Kapal Pesiar Batalkan Perjalanan Tahun 2021, Apa Saja?

Antusiasme pelaku industri kapal pesiar

Mengutip dari travelpulse.com, keputusan CDC membawa angin segar bagi para pelaku industri kapal pesiar. 

Sebab, industri pelayaran sudah terpuruk selama beberapa bulan terakhir setelah berhenti beroperasi sejak Maret 2020. Tak hanya itu, mereka tak kunjung mendapat kepastian waktu atau pedoman yang pasti untuk memulai pelayaran kembali.

Pendiri dan CEO Cruise Planners Michelle Fee mengatakan bahwa mereka sangat senang akan kabar tersebut.

"Kami semua sudah optimis, namun kabar terbaru ini menjadi langkah yang signifikan atas kembalinya pelayaran dan kami sangat dianjurkan untuk berlayar dari pelabuhan di Amerika Serikat pada pertengahan Juli," tutur Michelle. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X