Kompas.com - 01/05/2021, 07:10 WIB
Gold Dok. UNSPLASH.comGold

KOMPAS.com - Adolf Hitler dan pemerintahannya dikenal kerap menjarah emas, permata, dan harta karun lainnya saat mereka menyerbu Eropa dan Rusia.

Konon, masyarakat meyakini bahwa barang-barang jarahan itu disembunyikan dan dikumpulkan oleh anggota Nazi. Diperkirakan barang-barang tersebut bernilai jutaan hingga 20 miliar poundsterling.

Baca juga: Serba-Serbi Tempat Kelahiran Adolf Hitler di Austria

Meskipun beberapa di antaranya telah ditemukan, tetapi sebagian besar masih terpendam. Oleh karena itu, para pencari harta karun berusaha mengungkap lokasi-lokasi yang diduga menyimpan harta jarahan tersebut.

Berikut lima lokasi yang diduga menyimpan barang-barang hasil jarahan pada masa kekuasaan Hitler, seperti dilansir dari Thesun.co.uk, Jumat (30/4/2021) :

1. Hochberg Palace, Roztoka, Polandia

Istana Hochberg berada di Roztoka, tepatnya di bagian selatan Silesia, sebuah daerah di Polandia yang dikenal sebagai lokasi penyimpanan barang-barang Nazi yang dicuri dari keluarga Yahudi kaya, serta karya seni yang dijarah dari museum dan galeri.

Jika berkunjung ke sana, kamu akan menemukan banyak goa, tambang, terowongan, serta kastil dan istana dengan ruang bawah tanah yang luas.

Baca juga: Warga Ukraina dan Polandia Siap Berwisata ke Indonesia

Menurut Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional Polandia, dulu ruang bawah tanah tersebut digunakan sebagai tempat persembunyian bagi anggota Nazi. Namun saat ini ruangan itu digunakan untuk menyimpan karya seni yang sangat besar.

Menariknya, di bawah istana Hochberg konon terdapat sumur terbengkalai sejauh 60 meter. Pasalnya, sumur itu bukan sembarang sumur, karena di dasarnya tersimpan emas yang diperkirakan berasal dari Reichsbank di kota Breslau, Polandia (sekarang menjadi Wroclaw).

Menurut saluran berita Polandia, emas tersebut diperkirakan bernilai miliaran euro. 

2. Hartenstein Hills, Dresden, Jerman

Pada tahun 2017, sekelompok detektif amatir mengklaim bahwa mereka telah menemukan Kamar Amber Tsar Rusia yang hilang di dalam sebuah gua di perbukitan Hartenstein yang terletak di dekat Dresden, Jerman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X