Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adanya Vaksinasi, Phuket Tetap Sambut Turis Asing pada 1 Juli 2021

Kompas.com - 02/05/2021, 07:13 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber tatnews

KOMPAS.com – Rencana penyambutan turis asing yang sudah tervaksinasi lengkap di Provinsi Phuket, Thailand, tetap berjalan sesuai jadwal yaitu pada 1 Juli 2021.

Melansir tatnews.org, Phuket akan menjadi destinasi pertama yang menghapus masa karantina untuk wisatawan asing yang sudah tervaksinasi. Langkah tersebut merupakan bagian dari rencana yang juga dinamai Phuket Sandbox.

Baca juga: Phuket Sambut Wisatawan Asing yang Sudah Divaksin, Mulai Juli 2021

Wisatawan nantinya harus menghabiskan waktu seminggu di pulau tersebut sebelum bepergian ke lokasi lainnya.

Tidak hanya Phuket, pemerintah juga berencana untuk membuka lima provinsi lainnya untuk turis asing, yaitu Krabi, Phang Nga, Surat Thani (Ko Samui), Chon Buri (Pattaya), dan Chiang Mai. Rencana itu akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2021.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Phuket Tak Jadi Sambut Turis Asing?

Kendati demikian, beberapa waktu lalu sempat terjadi kekhawatiran akan kemungkinan rencana itu diundur akibat meningkatnya kasus positif Covid-19 di beberapa wilayah di Thailand.

Mengutip Kompas.com pada Rabu (21/4/2021), Phuket bahkan termasuk salah satu dari 18 zona merah Covid-19.

Persiapan di Phuket

Ilustrasi Thailand - Karon Temple di Phuket.SHUTTERSTOCK / S-F Ilustrasi Thailand - Karon Temple di Phuket.

Dalam rangka persiapan menyambut turis asing, otoritas setempat sedang menjalankan program vaksinasi Covid-19 dengan target herd immunity sebesar 70 persen dari populasi Phuket.

Program vaksinasi tersebut meliputi penduduk, pelaku industri pariwisata, dan pekerja migran di sana.

Baca juga: Mengintip 4 Hotel Halal di Phuket

Adapun Phuket merupakan salah satu provinsi berisiko tinggi yang menjadi prioritas dalam peluncuran vaksin dosis pertama. Wilayah lain yang juga diprioritaskan, di antaranya Bangkok, Chiang Mai, Chon Buri (termasuk Pattaya), dan Surat Thani (termasuk Ko Samui, Ko Phangan, dan Ko Tao).

Target vaksinasi skala nasional

Dalam skala nasional, pemerintah tengah berjuang menghadapi pandemi dan mencapai target 100 juta dosis vaksin Covid-19 untuk memvaksinasi 50 juta orang di Thailand pada akhir tahun 2021.

Program vaksinasi awal di Thailand dimulai pada akhir Februari dengan 200.000 dosis vaksin Covid-19 pertama dari Sinovac dan 117.000 dosis vaksin dari AstraZeneca.

Hingga hari ini, sebanyak 1.47 juta orang di Thailand sudah tervaksinasi – dengan dosis pertama ataupun kedua. Sementara itu, jadwal vaksinasi Covid-19 massal di negara tersebut akan dimulai di bulan Juni.

Pada Sabtu (1/5/2021), tercatat ada penambahan 1.891 kasus baru di Thailand dan total kasus positif Covid-19 di negara tersebut adalah 67.044 kasus. Selain itu, terdapat total 224 pasien yang meninggal akibat Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber tatnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com