Kompas.com - 02/05/2021, 15:03 WIB
Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut). Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut).Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut).

KOMPAS.comBandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand diubah menjadi tempat vaksinasi Covid-19.

Melansir Simple Flying, Jumat (29/4/2021), hal itu karena rendahnya jumlah penerbangan dan penumpang di bandara yang biasanya ramai.

Para pekerja kesehatan telah mengambil alih 42 tempat check-in pada tingkat keberangkatan bandara dan memvaksinasi pekerja garis depan, staf bandara, petugas imigrasi, dan awak maskapai.

Baca juga: Thailand Luncurkan Pusat Informasi untuk Turis yang Sudah Divaksinasi

Saat ini, fasilitas baru tersebut melakukan sekitar 1.000 vaksinasi per hari. Pada tahap pertama, hub vaksinasi bandara mengincar target vaksinasi Covid-19 terhadap 30.000 orang yang bekerja di dan sekitar bandara.

Rencananya, hal tersebut akan selesai pada akhir Mei 2021. Target tersebut merupakan salah satu roda penggerak dalam rencana Negeri Gajah Putih untuk memvaksinasi 300.000 orang per hari.

Dengan jumlah tersebut, diperkirakan seluruh masyarakat Thailand telah divaksinasi penuh pada akhir 2021.

Bandara Suvarnabhumi sebelum pandemi Covid-19

Bandara Suvarnabhumi biasanya menjadi salah satu bandara paling sibuk pada 2019. Pada tahun tersebut, atau tahun terakhir perjalanan normal, bandara menangani 65 jutaan penumpang.

Ilustrasi Bandara Suvarnabhumi, Thailand.SHUTTERSTOCK/SORBIS Ilustrasi Bandara Suvarnabhumi, Thailand.

Biasanya, sekitar 40 juta wisatawan melancong ke Thailand setiap tahunnya. Meski tidak semua melalui bandara tersebut, namun sebagian besar tiba di sana.

Sektor Pariwisata Thailand menyumbang sekitar 13 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara tersebut.

Baca juga: Festival Songkran di Chiang Mai Thailand Batal

Kendati demikian, pada Maret, hanya 6.737 orang memasuki Thailand. Pemerintah negara tersebut ingin segera menghidupkan kembali sektor tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X