Kompas.com - 02/05/2021, 20:20 WIB
Pengunjung mandi di obyek wisata Sungai Saweuk, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara KOMPAS.com/MASRIADI Pengunjung mandi di obyek wisata Sungai Saweuk, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Kabupaten Aceh Utara mengizinkan seluruh tempat wisata di wilayahnya buka selama libur lebaran 2021.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Kabupaten Aceh Utara Andrea Zulfa mengatakan, prinsipnya pemerintah tidak melarang tempat wisata buka, meski pandemi Covid-19 masih terjadi. Namun, tempat wisata diminta patuh protokol kesehatan.

Baca juga: Bandara Malikussaleh, Aceh Utara Tutup Penerbangan Komersial Jelang Idul Fitri 2021

“Terutama mencegah kerumunan. Kita minta pengelola wisata ini patuh protokol kesehatan. Jika tidak patuh, nanti bisa ditinjau ulang soal buka atau tidak lokasi wisata itu,” kata dia saat dihubungi melalui telepon, Minggu (2/5/2021).

Andrea mengingatkan, keamanan dan kenyamanan berwisata harus jadi perioritas pengelola wisata, sehingga kerumunan bisa dicegah dan tidak menambah kasus baru Covid-19.

Umumnya selama musim lebaran, sambung Andre, kebanyakan wisatawan berkunjung ke wisata pantai dan alam.

Polisi dan TNI siaga di destinasi wisata Gunung Salak, Aceh Utara, Sabtu (26/12/2020)KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Polisi dan TNI siaga di destinasi wisata Gunung Salak, Aceh Utara, Sabtu (26/12/2020)

Aceh Tengah sendiri memiliki sejumlah pantai yang jadi lokasi wisata, seperti Pantai Lancok dan Pantai Bantayan.

Untuk wisata alam, maka beberapa di antaranya, seperti Gunung Salak dan Air Tejun Blang Kolam menjadi incaran wisatawan.

Baca juga: Krueng Seulayang, Pilihan Tempat Wisata di Aceh Utara Setelah Pandemi

“Kami harap, kita jaga diri dan keluarga saat berada di lokasi wisata. Kami imbau semua patuh protokol kesehatan,” sambung Andrea.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X