Kompas.com - 03/05/2021, 13:24 WIB
Dibangun 2.000 tahun yang lalu, Colosseum adalah area pertunjukan (amfiteater) terbesar yang dibangun di Kekaisaran Romawi. AFP PHOTO/PATRICK HERTZOGDibangun 2.000 tahun yang lalu, Colosseum adalah area pertunjukan (amfiteater) terbesar yang dibangun di Kekaisaran Romawi.

KOMPAS.comColosseum di Roma, Italia, akan dipasangi lantai berkat sebuah proyek berteknologi tinggi.

Hasil dari proyek itu akan memberi turis gambaran lebih jelas seperti apa amfiteater kuno tersebut ketika para gladiator bertarung.

“Ini adalah proyek yang luar biasa,” kata Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini, seperti ditulis oleh Reuters pada Senin (3/5/2021).

Baca juga: Colosseum, Tempat Wisata Paling Banyak Dipesan Wisatawan pada 2019

Ia menambahkan, rencananya lantai akan dibuat cukup fleksibel.

“Wisatawan akan dapat berjalan di atasnya dan menuju pusat Colosseum agar dapat melihatnya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pengunjung zaman dahulu hingga akhir abad ke-19,” tuturnya.

Adapun lantai terakhir Colosseum telah dipindahkan oleh para arkeolog guna melihat ruangan dan koridor labirin yang ada di bawah arena dengan lebih baik. Lantai itu tidak pernah sepenuhnya diganti.

Proyek tersebut rencananya akan selesai pada tahun 2023, sementara untuk desain lantai yang baru akan dikerjakan oleh sebuah perusahaan Italia bernama Milan Ingegneria.

Baca juga: Terjadi Lagi, Vandalisme oleh Wisatawan di Colosseum Roma

Colosseum adalah salah satu destinasi wisata popular di Italia. Pada tahun 2019, sebelum adanya pandemi Covid-19, amfiteater kuno tersebut dikunjungi oleh 7.6 juta turis.

Destinasi ini dikenal sebagai amfiteater terbesar pada zaman Kekaisaran Romawi yang dibangun sekitar 2.000 tahun yang lalu. Colosseum dulunya adalah tempat menyaksikan pertarungan gladiator, eksekusi, dan perburuan hewan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X