Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Colosseum Roma akan Dibenahi, Membuat Turis Seakan Nonton Gladiator

Kompas.com - 03/05/2021, 13:24 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.comColosseum di Roma, Italia, akan dipasangi lantai berkat sebuah proyek berteknologi tinggi.

Hasil dari proyek itu akan memberi turis gambaran lebih jelas seperti apa amfiteater kuno tersebut ketika para gladiator bertarung.

“Ini adalah proyek yang luar biasa,” kata Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini, seperti ditulis oleh Reuters pada Senin (3/5/2021).

Baca juga: Colosseum, Tempat Wisata Paling Banyak Dipesan Wisatawan pada 2019

Ia menambahkan, rencananya lantai akan dibuat cukup fleksibel.

“Wisatawan akan dapat berjalan di atasnya dan menuju pusat Colosseum agar dapat melihatnya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pengunjung zaman dahulu hingga akhir abad ke-19,” tuturnya.

Adapun lantai terakhir Colosseum telah dipindahkan oleh para arkeolog guna melihat ruangan dan koridor labirin yang ada di bawah arena dengan lebih baik. Lantai itu tidak pernah sepenuhnya diganti.

Proyek tersebut rencananya akan selesai pada tahun 2023, sementara untuk desain lantai yang baru akan dikerjakan oleh sebuah perusahaan Italia bernama Milan Ingegneria.

Baca juga: Terjadi Lagi, Vandalisme oleh Wisatawan di Colosseum Roma

Colosseum adalah salah satu destinasi wisata popular di Italia. Pada tahun 2019, sebelum adanya pandemi Covid-19, amfiteater kuno tersebut dikunjungi oleh 7.6 juta turis.

Destinasi ini dikenal sebagai amfiteater terbesar pada zaman Kekaisaran Romawi yang dibangun sekitar 2.000 tahun yang lalu. Colosseum dulunya adalah tempat menyaksikan pertarungan gladiator, eksekusi, dan perburuan hewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com