Kompas.com - 03/05/2021, 16:31 WIB
Ilustrasi Turki - Bangunan Blue Mosque. SHUTTERSTOCKIlustrasi Turki - Bangunan Blue Mosque.

 

KOMPAS.com – Puasa adalah ibadah yang wajib dilakukan umat Muslim di seluruh dunia selama Bulan Ramadhan, termasuk para pelajar Indonesia yang tengah berada di Turki.

Bagi yang sudah lama di sana, durasi puasa yang cukup lama mungkin sudah biasa. Namun, hal itu sempat membuat kaget para pelajar yang baru di Turki selama sekitar tujuh bulan.

“Ramadhan pertama di Turki banyak culture shock yang dialami. Pertama Ramadhan di sini, yang bikin kaget adalah masalah durasi hingga cuaca yang menjadi tantangan puasa,” kata pelajar dari Kahramanmaras Sutcu Imam University bernama Egis Putra Habsyi.

Baca juga: Sejarah Masjid Biru Turki, Sudah Ada sejak Tahun 1600-an

Pernyataan itu ia sampaikan dalam Instagram Live “Turknesian Talks! Berbagi Cerita Puasa Saat Pandemi di Turki” di akun Instagram @turknesia pada Minggu (2/5/2021).

Egis menuturkan bahwa mendekati musim panas, waktu puasa di Turki menjadi lebih panjang sehingga dia harus berpuasa selama lebih kurang 15-16 jam.

“Kata kakak kelas di sini, musim panas bisa lebih panjang (waktu puasanya). Yang bikin kagetnya masalah cuaca, apa lagi sekarang panas. Kalau keluar lumayan bikin haus,” ujar dia.

Ilustrasi Turki - Bangunan Hagia Sophia.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Turki - Bangunan Hagia Sophia.

Senada dengan Egis, Fakhri Ziyad Mubarok yang merupakan pelajar dari Ankara Yildirim Beyazit University menuturkan hal yang sama.

Menurut Fakhri, hal pertama yang membuatnya terkejut saat berada di Turki selama bulan Ramadhan adalah waktu puasanya yang lama.

Baca juga: Hagia Sophia Turki Jadi Masjid, Apakah Masih Bisa Dikunjungi Turis?

“Bisa dibilang, kalau di Turki sampai 15-16 jam sedangkan di Indonesia 12-13 jam. Mungkin di Turki (karena) mau jelang musim panas jadi siangnya agak panjang,” tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Negara dengan durasi puasa terlama di dunia

Meski durasi puasa di Turki terbilang cukup lama, ternyata ada banyak negara lain yang durasi waktu puasanya lebih lama dari Turki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X