Kompas.com - 03/05/2021, 17:05 WIB
Cappadocia, Turki. shutterstock.com/Alla+LaurentCappadocia, Turki.

 

KOMPAS.com – Ramadhan merupakan waktu yang paling dinantikan umat Muslim di seluruh dunia, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Biasanya, Ramadhan akan disambut dengan meriah seperti jejeran pedagang takjil di tepi jalan yang dikerumuni orang-orang, hingga nuansa asyik jalan kaki ke masjid untuk tarawih bersama teman dan keluarga.

Kendati demikian, pandemi Covid-19 tidak memungkinkan masyarakat untuk berkumpul. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di Turki.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bangunan Ikonik Turki Hagia Sophia

Egis Putra Habsyi, seorang pelajar dari Kahramanmaras Sutcu Imam University yang baru di Turki selama lebih kurang 6-7 bulan mengatakan bahwa suasana bulan puasa di sana terbilang cukup sepi.

“Selama puasa di sini, sekarang tarawih cuma bisa di rumah saja karena di Turki sendiri, masjid tidak dibuka untuk tarawih,” kata dia dalam Instagram Live “Turknesian Talks! Berbagi Cerita Puasa Saat Pandemi di Turki” di akun Instagram @turknesia pada Minggu (2/5/2021).

Meski masjid-masjid di sana menutup kegiatan tarawih untuk sementara waktu akibat pandemi, mereka tetap buka untuk shalat Jumat.

Baca juga: Tak Cuma Istanbul, 4 Kota di Turki untuk Destinasi Wisata

Selanjutnya selain masjid, Egis mengatakan bahwa selama lockdown baru, restoran dan kafe di sana tutup serentak sekitar pukul 18.00-19.00 waktu setempat.

Saat tempat makan kembali dibuka, warga Turki tidak bisa makan di tempat lantaran mereka hanya berlakukan takeaway.

Lockdown total membuat suasana Ramadhan tidak ramai

Sementara itu, Shafanida Mardhani yang merupakan pelajar dari Erciyes University juga mengatakan serupa bahwa Ramadhan di Turki sepi.

“Di Turki lebih sepi mungking karena lockdown. Padahal kita (Shafanida dan teman-temannya) berencana buka bersama dan shalat Ied ramai-ramai. Cuma karena lockdown terus ketat banget jadi enggak bisa,” ujar dia.

Interior Blue Mosque di Istanbul, Turki.https://www.goturkeytourism.com Interior Blue Mosque di Istanbul, Turki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X