Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2021, 20:42 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan bagian
dari Provinsi Sulawesi Utara yang terletak di antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Mindanao (Filipina). 

Ibu kota dari kepulauan yang satu ini bernama Tahuna. Jaraknya sekitar 142 mil laut dari ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Manado atau sekitar 251 kilometer (km).

Melansir dari Sangihekab.go.id, Kepulauan Sangihe memiliki gugusan pulau yang indah. Total ada 105 pulau di Sangihe dan yang berpenghuni ada 26 pulau.

Baca juga: Sangihe Potensial Kembangkan Wisata Bahari

Kepulauan yang satu ini mungkin belum populer di kalangan wisatawan. Namun, faktanya salah satu pulau terluar Indonesia ini memiliki kekayaan alam yang begitu unik dan langkah di dunia. Apa saja?

Keunikan Alam di Kepulauan Sangihe

Keunikan alam Sangihe yang pertama adalah, para pengunjung dapat menjumpai Gunung Api Bawah Laut, yaitu Gunung Api “Banua Wuhu” di Pulau Mahengetang. Ada pula enam Gugusan Gunung Api Kawio Barat yang menakjubkan dan memukau.

Baca juga: Desa Bahoi di Likupang Barat, Sulawesi Utara yang Punya Banyak Tempat Wisata

Sangihe juga memiliki daya tarik keindahan dunia bawah laut, seperti biota bawah laut dan terumbu karang yang menjadi core attraction.

Keindahan itu dapat ditemukan di Brave Hills Napo-Para Island, Kahakitang Island, Selat Sea Grass Mahumu Island, Mendaku dan Dakupang Island, dan Pulau Bukide.

Kabupaten Kepulauan Sangihe juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang menambah eksotisnya wilayah ini sebagai destinasi wisata.Kompas.com/Ronny Adolof Buol Kabupaten Kepulauan Sangihe juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang menambah eksotisnya wilayah ini sebagai destinasi wisata.

Sejumlah pantai indah pun dapat ditemui di Kepulauan Sangihe. Pesona pantai pasir putihnya dijamin indah dan membuat para wisatawan betah berlama-lama di sana. Salah satunya, Pantai Pasir Putih Pananualeng.

Selain melihat keindahan alam bawah laut di Kepulauan Sangihe, para pengunjung juga bisa  menyaksikan kemegahan wisata air terjun di sana. Beberapa di antaranya yaitu Air Terjun Kadadima dan Air Terjun Ngura Lawo.

Baca juga: Ini 7 Alasan Utama Mengapa Harus Wisata ke Sulawesi Utara

Jika suka melakukan pendakian dan petualangan di hutan, kamu bisa langsung mengunjungi Gunung Sahendarumang.

Wisata alam yang satu ini yang merupakan kawasan hutan lindung tropis yang memiliki keaneka ragaman hayati dan panorama alam pegunungan yang indah.

Menuju Kepulauan Sangihe

Melansir dari Kompas.com, para wisatawan bisa mengunjungi Kepulauan Sangihe melalui perjalanan lewat jalur udara dan laut.

Sebagian pulau Bukide, Kecamatan Nusa Tabukan, Kabupaten Sangihe, Sulut.Kompas.com/Ronny Adolof Buol Sebagian pulau Bukide, Kecamatan Nusa Tabukan, Kabupaten Sangihe, Sulut.

Jika menggunakan jalur laut, dari Pelabuhan Manado harus menempuh perjalanan sekitar 10 jam dengan kapal malam atau 7 jam perjalanan dengan kapal cepat di pagi hari.

Jika menggunakan jalur udara, penebangan dari Bandara Sam Ratulangi ke Sangihe membutuhkan waktu sekitar 60 menit.

Tolak rencana tambang emas di Pulau Sangihe

Mengutip dari Kompas.com, Kamis (29/4/2021), lebih dari setengah Pulau Sangihe akan dijadikan tambang emas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com