Kompas.com - 07/05/2021, 13:01 WIB

KOMPAS.com – Pihak pengelola pendakian Gunung Andong akhirnya memutuskan untuk mengundur jadwal pembukaan pendakian pada Selasa (18/5/2021).

Adapun, keputusan itu diambil berdasarkan Surat Edaran Bupati Magelang yang menyatakan bahwa tempat wisata di Kabupaten Magelang tutup pada Selasa-Senin (4-17 Mei 2021) dan akan kembali buka pada Selasa (18/5/2021).

Sebelumnya, pihak basecamp berencana untuk membuka kembali pendakian Gunung Andong pada Jumat (14/5/2021).

 Baca juga: Diundur, Jalur Pendakian Gunung Andong Buka 18 Mei 2021

Sebelumnya, Admin akun Instagram @gunungandong yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa seluruh jalur pendakian Gunung Andong tetap dibuka selama libur lebaran.

Tutup selama Ramadhan 2021

Bagi pendaki yang ingin mendaki Gunung Andong pada sisa Bulan Ramadhan 2021, hal itu tidak dimungkinkan. Mereka bisa kembali mendaki setelah Idul Fitri.

“Dibuka kok, dengan tetap (menerapkan) protokol kesehatan). Selama bulan Ramadhan ini kan tutup satu bulan penuh, buka kembali tanggal 14 Mei 2021,” tuturnya, Jumat (7/5/2021).

Panorama khas Gunung Andong dengan Gunung Sindoro-Sumbing di ufuk barat.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama khas Gunung Andong dengan Gunung Sindoro-Sumbing di ufuk barat.

Untuk diketahui, seluruh jalur pendakian Gunung Andong sudah ditutup sejak 13 April 2021. Adapun, jalur-jalur tersebut adalah jalur pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit.

Baca juga: Pendakian Gunung Andong Buka Tahap Uji Coba, Kuota Per Hari 100 Orang

Lalu ada jalur pendakian Andong via Dusun Pendem, Dusun Gogik, Dusun Temu, Dusun Kudusan, dan Dusun Sekararum.

Saat dibuka kembali, dia menuturkan bahwa seluruh pendaki termasuk yang tiba dari luar Kabupaten Magelang diizinkan untuk mendaki.

Baca juga: 4 Tips Mendaki Gunung Andong pada Hari Libur

“Enggak (dibatasi hanya untuk Kabupaten Magelang) saja sih. Yang penting bisa menjaga diri aja gitu. Iya pendakian umum," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.