Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Selama Ramadhan, Pendakian Gunung Andong Buka Lagi 14 Mei 2021

Kompas.com - 07/05/2021, 13:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pihak pengelola pendakian Gunung Andong akhirnya memutuskan untuk mengundur jadwal pembukaan pendakian pada Selasa (18/5/2021).

Adapun, keputusan itu diambil berdasarkan Surat Edaran Bupati Magelang yang menyatakan bahwa tempat wisata di Kabupaten Magelang tutup pada Selasa-Senin (4-17 Mei 2021) dan akan kembali buka pada Selasa (18/5/2021).

Sebelumnya, pihak basecamp berencana untuk membuka kembali pendakian Gunung Andong pada Jumat (14/5/2021).

 Baca juga: Diundur, Jalur Pendakian Gunung Andong Buka 18 Mei 2021

Sebelumnya, Admin akun Instagram @gunungandong yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa seluruh jalur pendakian Gunung Andong tetap dibuka selama libur lebaran.

Tutup selama Ramadhan 2021

Bagi pendaki yang ingin mendaki Gunung Andong pada sisa Bulan Ramadhan 2021, hal itu tidak dimungkinkan. Mereka bisa kembali mendaki setelah Idul Fitri.

“Dibuka kok, dengan tetap (menerapkan) protokol kesehatan). Selama bulan Ramadhan ini kan tutup satu bulan penuh, buka kembali tanggal 14 Mei 2021,” tuturnya, Jumat (7/5/2021).

Panorama khas Gunung Andong dengan Gunung Sindoro-Sumbing di ufuk barat.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama khas Gunung Andong dengan Gunung Sindoro-Sumbing di ufuk barat.

Untuk diketahui, seluruh jalur pendakian Gunung Andong sudah ditutup sejak 13 April 2021. Adapun, jalur-jalur tersebut adalah jalur pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit.

Baca juga: Pendakian Gunung Andong Buka Tahap Uji Coba, Kuota Per Hari 100 Orang

Lalu ada jalur pendakian Andong via Dusun Pendem, Dusun Gogik, Dusun Temu, Dusun Kudusan, dan Dusun Sekararum.

Saat dibuka kembali, dia menuturkan bahwa seluruh pendaki termasuk yang tiba dari luar Kabupaten Magelang diizinkan untuk mendaki.

Baca juga: 4 Tips Mendaki Gunung Andong pada Hari Libur

“Enggak (dibatasi hanya untuk Kabupaten Magelang) saja sih. Yang penting bisa menjaga diri aja gitu. Iya pendakian umum," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com