Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agen Perjalanan di Thailand Tawarkan Wisata Vaksin Covid-19 ke AS, Apa Itu?

Kompas.com - 09/05/2021, 12:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com – Para agen perjalanan di Thailand sedang menawarkan “wisata vaksin Covid-19” ke Amerika Serikat (AS). Dengan tur ini, wisatawan bisa segera mendapat vaksin Covid-19 di destinasi tujuan.

Melansir Reuters, Rabu (5/5/2021), hal ini lantaran para orang kaya di sana mulai tidak sabar menunggu vaksinasi Covid-19 massal yang masih sebulan lagi.

Tur ini mencerminkan perbedaan global dalam vaksinasi dengan AS dan Inggris Raya yang memperoleh keuntungan vaksinasi, padahal banyak negara berpenghasilan rendah dengan banyak penduduk kaya, yang masih bekerja untuk mengamankan dosis.

Baca juga: Adanya Vaksinasi, Phuket Tetap Sambut Turis Asing pada 1 Juli 2021

Operator tur Bangkok, Unithai Trip memiliki paket-paket perjalanan dengan harga mulai dari 75.000-200.000 Baht atau Rp 34-91 jutaan ke San Francisco, Los Angeles, dan New York. Harga bergantung pada perbedaan waktu antardosis.

“Johnson & Johnson (JNJ.N) adalah satu suntikan, tetapi 90 persen permintaan menginginkan Pfizer (PFE.N),” kata pemilik Unithai Trip, Rachphol Yamsaeng, kepada Reuters.

Adapun, vaksinasi Covid-19 menggunakan Pfizer membutuhkan waktu sekitar 20 hari antara penyuntikan dosis pertama dan kedua.

Baca juga: Kenapa Bandara di Thailand Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19?

Yamsaeng mengatakan bahwa untuk sementara ini, sebuah kelompok dijadwalkan untuk pergi pada pekan depan.

Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut).Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut). Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut).

Selain agen perjalanan milik Yamsaeng, ada juga agen perjalanan bernama My Journey Travel yang menawarkan perjalanan sepuluh hari ke San Francisco.

Paket perjalanan untuk menerima vaksin Johnson & Johnson tersebut dikatakan telah menerima ratusan panggilan dalam tiga hari.

Wisata vaksin untungkan agen perjalanan

Wisata vaksin dikatakan dapat menjadi keuntungan bagi agen perjalanan pariwisata Thailand setelah dihantam pandemi Covid-19.

“Seluruh agen perjalanan saat ini sedang menderita. Apa pun yang dapat kami lakukan, kami harus mencobanya,” kata Yamsaeng yang mana usahanya juga menawarkan perjalanan serupa ke Serbia.

Baca juga: 5 Wisata Populer di Chiang Mai Thailand, Salah Satunya Dipenuhi Sakura

Seorang juru bicara Kedutaan AS di Bangkok menolak untuk segera memberi komentar. Namun, situs Departemen Luar Negeri menyatakan, pariwisata medis merupakan alasan yang sah untuk berkunjung.

Selain AS, destinasi wisata lain yang ditawarkan kepada wisatawan asal Negeri Gajah Putih adalah Rusia. Paket perjalanan ini diiklankan agen perjalanan lain bernama Udachi.

Adapun, paket bernama “VACCation in Russia” ini menawarkan perjalanan selama 23 hari untuk menerima vaksin Sputnik V. Harga paket wisatanya dibanderol hingga 210.000 Baht.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com