Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Nasional Kelimutu Ditutup 10-17 Mei 2021

Kompas.com - 09/05/2021, 20:13 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com – Taman Nasional (TN) Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, akan ditutup sementara untuk wisatawan pada 10-17 Mei 2021 guna mencegah penularan Covid-19 di daerah tersebut.

Penutupan sementara diumumkan oleh Balai Taman Nasional Kelimutu lewat akun Twitter resminya pada Minggu (9/5/2021) dan akan dievaluasi lebih lanjut.

Baca juga: Danau Kelimutu Buka, Simak 4 Fakta Menariknya

“Kita belajar dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya saat liburan Lebaran atau Idul Ftri jumlah wisatawan yang berkunjung bisa mencapai 3.000 lebih per hari, padahal kapasitas kita hanya bisa menampung 400 wisatawan saja,” kata Kepala Balai TN Kelimutu Agus Sitepu kepada Antara, Sabtu (8/5/2021).

Agus melanjutkan, kerumunan pengunjung biasanya tidak hanya terdapat di puncak Danau Kelimutu, tapi juga di area parkir.

Ia juga memohon maaf pada wisatawan atas ditutupnya kawasan TN Kelimutu untuk sementara, namun langkah tersebut dinilai tepat untuk menekan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Nikmati Indahnya Edelweis Sebelum Naik ke Danau Kelimutu

“Keputusan penutupan ini juga merupakan hasil koordinasi serta rapat bersama Satgas penanggulangan Covid-19 (di) Kabupaten Ende. Apalagi Taman Nasional Kelimutu sudah mempunyai sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability),” ujarnya.

Sebelumnya, melansir Kompas.com, TN Kelimutu pernah ditutup pada bulan Januari-Februari 2021 dikarenakan jumlah kasus Covid-19 di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kabupaten Ende, terus meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com