Kompas.com - 09/05/2021, 21:55 WIB

KOMPAS.com – Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, telah ditutup sementara sampai 17 Mei 2021 dan akan beroperasi kembali pada 18 Mei 2021.

Mengutip Antara pada Sabtu (8/5/2021), Kepala Balai Konservasi Borobudur Wiwit Kasiyati mengatakan bahwa keputusan tersebut bertujuan menekan penularan Covid-19.

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur juga mengumumkan penutupan tersebut di akun resmi Instagramnya pada Minggu (9/5/2021).

Baca juga: Kunjungan di Zona 1 Candi Borobudur akan Dibatasi 1.200 Orang Per Hari

Adapun, penutupan sementara berdasarkan Surat Edaran Bupati Magelang Nomor 443.5/1729/01.1/2021 tanggal 4 Mei 2021 tentang Perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Tidak hanya itu, penutupan juga berdasarkan Surat Edaran Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Nomor 556/324/19/2021 tanggal 7 Mei 2021 tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mirko untuk Pengendalian Covid-19 pada Libur Idul Fitri 1442 H di Kabupaten Magelang.

Pada hari Sabtu, Kompas.com melaporkan bahwa Kabupaten Magelang termasuk zona oranye Covid-19, sehingga tempat wisata di wilayah ini harus ditutup selama Libur Lebaran 2021.

Beberapa tempat yang ditutup sementara adalah Ketep Pass dan Taman Wisata Candi Borobudur.

Baca juga: 5 Hotel di Sekitar Candi Borobudur dengan Suasana Alam yang Asri

Menurut Wiwit, selama ini Candi Borobudur dikunjungi ribuan wisatawan per hari, khususnya pada masa Libur Lebaran 2021. Situasi ini dikhawatirkan memicu terjadinya penyebaran Covid-19 menjelang, selama, dan setelah lebaran.

“Demi keselamatan pengunjung Candi Borobudur, tenaga pemeliharaan, tenaga pengamanan, dan tenaga pendamping pemanfaatan Candi Borobudur, maka Candi Borobudur ditutup sementara untuk kunjungan pada 8-17 Mei,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.