Pengunjung Asal DIY Tidak Wajib Bawa Surat Negatif Covid-19 Saat Berwisata di Yogyakarta

Kompas.com - 10/05/2021, 17:05 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap membuka tempat-tempat wisata selama libur lebaran 2021.

Jika wisatawan yang datang berasal dari dalam wilayah DIY, mereka tidak wajib menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19, baik itu antigen, PCR, atau GeNose.

"Kami berpedoman Instruksi Gubernur (Ingub), wisatawan DIY diatur tidak mengenakan GeNose. Yang datang dari luar DIY lolos dari penyekatan wajib menunjukan syarat keterangan sehat atau hasil GeNose," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY Singgih Raharjo.

Baca juga: Hotel Accor di Solo hingga Yogyakarta Bakal Terapkan GeNose C-19

 

Pernyataan itu ia sampaikan saat jumpa pers di Gedung Unit 8 Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (10/5/2021).

Singgih menyampaikan bahwa selama tempat wisata dibuka, pengelola wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti pembatasan jumlah wisatawan. Selain itu, tempat wisata di zona oranye dan merah dilarang buka.

"Yang masuk di dalam zona oranye dan merah wajib hukumnya tutup tak menerima tamu. Tidak ada aktivitas pariwisata. Kami tetap memberlakukan jumlah wisatawan 50 persen dari kapasitas," jelas Singgih.

Baca juga: Larangan Mudik Buat Reservasi Hotel di Jogja Anjlok, Paling Parah Sejak PHRI Berdiri

Selain itu, jam buka operasional tempat wisata juga dibatasi dengan maksimal buka sampai pukul 21.00. Namun, aturan itu tidak diberlakukan ke seluruh tempat wisata karena memiliki berbagai macam kategori.

Andalkan aplikasi Visiting Jogja

Saat libur Lebaran nanti pihaknya mengandalkan aplikasi visiting jogja yang digunakan oleh wisatawan untuk reservasi dan pembayaran.

"Reservasi secara online memaksimalkan dengan aplikasi Visiting Jogja, untuk reservasi dan pembayaran secara cashless sebelum masuk destinasi," katanya.

Pantai Siung, Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Siung, Gunungkidul, Yogyakarta.

Singgih menjelaskan dengan menggunakan aplikasi Visiting Jogja masyarakat bisa memantau jumlah kapasitas maksimal di sebuah destinasi wisata.

Baca juga: Tempat Wisata Gunungkidul Tetap Buka Saat Libur Lebaran, Asalkan...

"Reservasi secara online untuk mengurangi kontak dengan pengelola destinasi. Kami juga akan menerjunkan tim monitoring memantau jalannya penerapan kebijakan yang ada," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.