Kompas.com - 10/05/2021, 21:01 WIB

KOMPAS.com – Candi Prambanan dan Ratu Boko di Yogyakarta tetap buka saat libur lebaran, 8-17 Mei 2021. Namun, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang tutup pada periode tersebut.

“Karena secara kewilayahan ini khusus untuk Prambanan mengikuti kebijakan DIY. Karena tidak ada keharusan untuk ditutup, sampai sekarang tidak tutup. Sama dengan Ratu Boko,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TW) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, Senin (10/5/2021).

Saat ini, ia mengatakan bahwa dua tempat wisata sejarah tersebut dapat dikunjungi oleh siapa pun, termasuk wisatawan yang tiba dari luar Yogyakarta.

Baca juga: Itinerary Wisata Candi di Jogja, Jelajah 3 Hari 2 Malam

Meski wisatawan tidak dibatasi dari mana asal mereka, pihak TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko tetap memberlakukan kapasitas kunjungan.

“Prambanan dan Ratu Boko masih buka, hanya pembatasan kita lakukan. Masih 3.000 wisatawan per hari. Protokol kesehatan dijalankan,” ucap Edy.

Syarat berkunjung ke Prambanan dan Ratu Boko

Apabila ingin berkunjung ke Candi Prambanan dan Ratu Boko, terdapat sejumlah syarat yang patut diikuti yakni sebagai berikut:

  1. Patuhi protokol kesehatan seperti wajib pakai masker, rajin mencuci tangan pakai hand sanitizer atau sabun dan air yang mengalir, serta menjaga jarak
  2. Tidak bepergian jika sedang sakit
  3. Jika suhu tubuh berada di atas yang telah ditentukan saat diperiksa, ikuti arahan petugas terkait langkah selanjutnya seperti apa
  4. Wisatawan wajib mengikuti arahan dari petugas Candi Prambanan dan Ratu Boko terkait area mana saja yang dapat dikunjungi
  5. Wisatawan dari luar Yogyakarta wajib membawa hasil negatif rapid test antigen, PCR, atau GeNose*
  6. Wisatawan dari Jakarta, Depok, Tangerang, dan Banten wajib membawa surat izin keluar masuk (SIKM) selain membawa syarat pada poin nomor lima*

Syarat bawa hasil negatif antigen, PCR, atau GeNose

Terkait syarat membawa hasil negatif rapid antigen, PCR, atau GeNose, hal tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021.

Adapun, SE tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram KunoWikimedia Commons Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

SE tersebut juga hanya memberi pengecualian untuk tujuan bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi satu orang anggota keluarga, dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dua orang.

Baca juga: Candi Prambanan Tempat Syuting Twogether, Ada Apa Saja?

SE tersebut berlaku pada 6-17 Mei untuk perjalanan lintas kota/kabupaten/provinsi dengan moda transportasi darat, kereta api, laut, dan udara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.