Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Bromo dan Pendakian Gunung Semeru Tutup 13 Mei 2021

Kompas.com - 11/05/2021, 16:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comWisata Bromo dan pendakian Gunung Semeru akan ditutup pada 13-23 Mei 2021 berdasarkan sejumlah arahan termasuk Surat Edaran (SE) dari Bupati Probolinggo dan Bupati Lumajang.

“Ini dinamika di lapangan,” kata Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat yang akrab disapa Ayip, Selasa (11/5/2021).

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Ayip, penutupan mengacu pada Surat Pengumuman Balai Besar TNBTS Nomor PG.12/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/5/2021.

Baca juga: Catat! 6 Tempat Ini Pas buat Kamu Menikmati Sunrise di Bromo

Surat pengumuman yang ditandatangani oleh Plt. Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani, Senin, tentang Penutupan Sementara Obyek Wisata di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa surat pengumuman mengacu pada SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 dan Addendum-nya.

Ada juga SE Bupati Probolinggo Nomor 556/356/426.118/2021, SE Bupati Lumajang Nomor 556/1052/427.1/2021, serta Telegram Kapolri Nomor STR/336/4/PAM.3.2./2021.

Bukit Teletubbies di Kawasan Wisata Gunung Bromo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bukit Teletubbies di Kawasan Wisata Gunung Bromo.

Surat pengumuman tersebut menyatakan, seluruh obyek wisata dalam kawasan TNBTS ditutup untuk aktivitas wisata dan kegiatan lainnya mulai 13 Mei pukul 00.00 WIB hingga 23 Mei pukul 23.59 WIB.

Untuk SE Bupati Probolinggo, poin nomor 1 menegaskan bahwa seluruh obyek wisata di Kabupaten Probolinggo ditutup pada periode yang sama.

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya dari Jakarta ke Bromo Naik Transportasi Umum?

Sama halnya dengan SE Bupati Probolinggo, SE Bupati Lumajang pada poin nomor 2 juga menyatakan periode penutupan yang sama.

“Penutupan tersebut merupakan ikhtiar dalam upaya mengendalikan potensi peningkatan dan atau memutus mata rantai penyebaran Covid 19 pada masa libur lebaran 2021,” seperti yang tertera dalam akun Instagram @bbtnbromotenggersemeru yang juga menyampaikan pengumuman yang sama.

Sempat akan dibuka selama Idul Fitri

Sebelumnya, Ayip mengatakan pada Senin (10/5/2021), wisata Gunung Bromo tetap dibuka selama periode larangan mudik pada 6-17 Mei dan Idul Fitri pada 13-14 Mei.

Lautan Pasir Gunung BromoKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Lautan Pasir Gunung Bromo

“Enggak tutup, kita tidak ada libur,” ujar dia saat dihubungi oleh Kompas.com.

Pada saat itu, dia menuturkan bahwa kunjungan wisatawan ke sana juga tidak dibatasi domisili asal wisatawan, melainkan kuota kunjungan.

Baca juga: Menyaksikan Ombak Awan Bromo, Menaiki The Great Wall Seruni

“Untuk kunjungan ke kawasan wisata, kita ada pembatasan kuota. Kalau untuk asal pengunjung, kita mengikuti kebijakan pemerintah,” sambung Ayip.

Untuk diketahui, kawasan TNBTS berada pada empat kabupaten yakni Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com