Kompas.com - 12/05/2021, 19:15 WIB
Danau Kaco yang berada di Provinsi Jambi memiliki air yang jernih kebiruan. https://pesona.travelDanau Kaco yang berada di Provinsi Jambi memiliki air yang jernih kebiruan.

KOMPAS.com - Seluruh objek wisata alam di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di wilayah administratif Provinsi Jambi ditutup untuk wisatawan oleh pihak Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS).

Objek wisata alam yang ditutup yaitu, Gunung Tujuh, Rawa Bento, Bukit Tapan, Danau Kaco, Gunung Masurai, dan Danau Depati IV.

Penutupan tersebut akan diberlakukan sementara selama periode Lebaran 2021 yaitu mulai dari 15 Mei-16 Mei. Kemudian, baru akan dibuka kembali pada tanggal 17 Mei.

Baca juga: Pendakian Wisata Gunung Kerinci Ditutup Selama Lebaran 2021

Melalui akun Instagram resminya, BB-TNKS mengunggah Surat Edaran tentang ditutupnya seluruh objek wisata alam di kawasan TNKS tersebut, tertanggal 10 Mei 2021.

Adapun, penutupan itu berdasarkan pada Surat Edaran Gubernur Jambi dengan nomor: 005/1068/SE/SETDA.PRKM-1.2/V/2021 tentang Penutupan Objek Wisata Pada Saat Libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Dalam Surat Edaran Gubernur Jambi tersebut tertulis bahwa penutupan objek wisata ditetapkan dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Danau Gunung Tujuh di kawasan Gunung Tujuh, yang masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Darus Sumonda/Fotokita.net Danau Gunung Tujuh di kawasan Gunung Tujuh, yang masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat.

Di antaranya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memperhatikan situasi penyebaran Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir di mana beberapa kabupaten/kota mengalami peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga mencapai level zona merah.

Selain itu, Pemprov Jambi juga memprediksi kebijakan larangan mudik akan menyebabkan peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan pada objek-objek wisata di dalam daerah yang berpotensi menimbulkan klaster baru.

Baca juga: Gunung Kerinci Dibuka Usai Lebaran 2021, Bisa Camping Sampai 5 Hari

Terkait hal itu, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNKS Agusman membenarkan bahwa seluruh kawasan wisata alam Taman Nasional Kerinci Seblat ditutup sementara  selama lebaran.

"Iya benar, akhirnya sesuai dengan arahan dari Surat Edaran Gubernur Jambi, mempertimbangkan berbagai hal, seluruh kawasan objek wisata di TNKS ditutup mulai dari 15-16 Mei 2021. Nanti akan dibuka kembali pada tanggal 17 Mei 2021," ucap Agusman saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Rabu (12/5/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.