Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2021, 13:10 WIB
Sheila Respati

Penulis

KOMPAS.com – Penerapan protokol yang berbasis kebersihan (cleanliness), kesehatan (health), keamanan (safety), dan kelestarian lingkungan (environmental sustainability) atau CHSE menjadi krusial di era kenormalan baru.

Penerapan protokol tersebut menjadi cara mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk kembali melakukan aktivitas wisata. Dengan demikian, pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak cukup signifikan akibat pandemi Covid-19 dapat kembali bergeliat.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong sertifikasi CHSE di beragam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

Sejauh ini, sudah ada delapan sektor yang tersertifikasi. Berikut penjelasannya.

1. Pondok wisata (homestay)

Protokol CHSE sangat penting untuk meningkatkan tingkat okupansi dari pondok wisata atau homestay. Ada beberapa aturan khusus terkait CHSE dari Kemenparekraf dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) yang harus diterapkan homestay.

Pegawai yang bekerja di homestay diharuskan menggunakan masker dan sarung tangan saat membersihkan kamar tidur. Lalu, sebelum ditempati oleh tamu, kamar harus disterilkan menggunakan disinfektan.

Pada laman chse.kemenparekraf.go.id tercatat ada 313 atraksi wisata homestay yang sudah memiliki sertifikasi CHSE. Nama-nama tersebut di antaranya Agata Villas di Bali, Adiwarna Dara Ayu di Bali, dan Pinx S Hostel di Jakarta.

2. Sport tourism golf

Sport tourism menjadi salah satu atraksi wisata belakangan ini tengah naik daun. Untuk menangkap momen tersebut, sertifikasi CHSE pada wisata golf terus didorong agar atraksi sport tourism itu kembali berkembang.

Adapun salah satu contoh aturan yang diterapkan dalam protokol CHSE untuk wisata golf adalah pelarangan untuk memegang tongkat bendera di green area oleh tamu. Petugas pun hanya diperkenankan memegang kepala tongkat golf milik tamu.

Baca juga: Kuliner Khas Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Saat ini, sudah ada 38 lokasi wisata golf yang telah mendapatkan sertifikasi CHSE. Beberapa di antaranya adalah Damai Indah Golf - Jakarta, Dago Hertage 1917 Golf - Bandung, dan Batam Hills Golf Resort –Batam.

3. Sport tourism arung jeram

Selain menyalurkan bantuan berupa peralatan arung jeram, Kemenparekraf dan Baparekraf juga mendorong pengelola wisata arung jeram mengajukan sertifikasi CHSE.

Saat ini, tercatat sudah ada 13 atraksi wisata arung jeram tersertifikasi CHSE. Atraksi wisata tersebut antara lain Bravo Adventure (Sukabumi), Arus Liar (Jakarta), CV Explore Sumatera (Medan), dan Gurilaps (Garut).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com