Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2021, 16:04 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, hanya ada sedikit wilayah di dunia yang bebas dari penyebaran Covid-19. Bahkan, Antartika yang dihuni oleh sedikit manusia saja telah mencatat adanya kasus infeksi Covid-19.

Namun ternyata, masih ada negara yang memiliki pulau-pulau kecil bebas dari Covid-19. Kebanyakan wilayah yang terbebas dari virus ini biasanya merupakan lokasi terpencil yang jarang di datangi penduduk luar daerah.

Selain itu, pulau terpencil ini biasanya terletak berjauhan dengan pusat keramaian. Lokasi pulau ini juga dipisahkan dengan jalur perairan yang tidak sering dilalui kapal.

Baca juga: Italia Incar Turis Kantung Tebal untuk Pulihkan Industri Pariwisata

Seperti negara Italia. Negara dengan angka kematian tertinggi di Eropa serta mengalami situasi darurat virus Covid-19 ini rupanya masih memiliki beberapa wilayah yang terbebas dari infeksi virus tersebut.

Melansir dari Cnn.com, salah satu pulau indah di Italia yang diklaim terbebas dari kasus infeksi virus Covid-19 yaitu Pulau Capri.

Pulau yang terkenal dengan keindahan tebing putih dan lanskapnya yang bertingkat-tingkat penuh bangunan rumah penduduk hingga aneka toko ini terletak di laut lepas Semenanjung Sorrentine, bagian selatan Teluk Napoli.

Selain itu, Pulau Capri juga terkenal karena selalu mendapatkan kunjungan dari para wisatawan kelas atas.

Baca juga: Kota Terbaik untuk Melihat Bintang Ada di Italia

Menariknya, kalau biasanya pulau ini mempromosikan pariwisata mereka dengan memasang iklan berupa hotel-hotel mewah yang mereka miliki, dan pemandangan laut, tahun ini justru berbeda.

Pemerintah daerah pulau tersebut justru memberikan penawaran yang terlihat sangat sederhana tahun ini, yaitu setiap penduduk di Pulau Capri telah divaksinasi.

Tentu saja hal itu ditonjolkan. Sebab, keamanan yang berkaitan dengan kesehatan menjadi hal utama yang paling penting dan disorot masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata ke berbagai tempat di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Wali Kota Capri, Marino Lembo mengatakan bahwa 80 persen dari 15.000 penduduk di pulau tersebut telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19.

Pompeii, ItaliaDok. VISIT-CAPRI.com Pompeii, Italia

Sedangkan akhir pekan ini, semua pekerja sektor pariwisata yang tinggal di luar pulau tetapi sering bepergian ke Pulau Capri juga akan divaksinasi.

"Ini adalah pesan yang sangat kuat yang kami kirim ke seluruh dunia. Wisatawan bisa datang ke sini dengan keamanan total," kata Marino seperti dilansir dari foxcarolina.com, Rabu (12/5/2021).

Dalam hal ini, Sergio Gargiulo selaku ketua Federalberghi, yaitu sebuah asosiasi yang mewakili sekitar 60 hotel di pulau tersebut pun setuju.

Baca juga: Ada Rencana Pulau Bebas Covid-19 di Italia, Apa Itu?

"Tidak hanya pulau yang bebas Covid-19, tapi bagi pelanggan yang membutuhkan, kami dapat memberikan fasilitas berupa pelayanan PCR dan memberikan hasilnya tepat waktu untuk keberangkatan mereka," ucap Sergio.

Sementara akhir pekan lalu, Gubernur wilayah Campania, Napoli, Vicenzo De Luca mengumumkan bahwa program vaksinasi hampir selesai. Ia mengklaim bahwa hal ini akan membuat pulau tersebut "bebas Covid-19."

Update Corona di Italia

Melansir dari Kompas.com, per Sabtu (17/4/2021) Worldometers mencatat negara Italia masuk ke dalam daftar 10 negara dengan kasus infeksi tertinggi.

Sementara ini Italia mencatat kasus infeksi akibat virus Covid-19 sebanyak 4.123.230, 123.282 meninggal, dan 3.636.089 pulih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com