Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2021, 06:06 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski Singapura tidak membuka perbatasan perjalanannya bagi warga AS, maskapai penerbangannya yakni Singapore Airlines tetap melanjutkan rencana rute penerbangannya ke Negeri Paman Sam sejak November 2020.

Melalui rute penerbangan yang dicanangkan akan berjalan Juni 2021, Singapura berharap bisa membuka lebih banyak lagi wilayah Asia bagi wisatawan AS.

Melansir dari Travelandleisure.com, pada 16 Juni 2021, Singapore Airlines akan memulai rute perjalanannya yaitu "Singapura-Los Angeles" melalui rute Tokyo, Jepang yang sebelumnya pada awal pandemi sempat ditangguhkan.

Baca juga: Singapore Airlines Akan Buat Penerbangan Tanpa Tujuan Selama 3 Jam

Rute ini dikenal sebagai "rute kebebasan kelima" karena bisa menyentuh negara selain Singapura maupun AS. Dalam hal ini, maskapai penerbangan hanya berhak menerbangkan penumpang antara negara AS dan Jepang, atau Singapura dan Jepang saja.

Ilustrasi Bandara Internasional Narita, Tokyo, Jepang. SHUTTERSTOCK/TUPUNGATO Ilustrasi Bandara Internasional Narita, Tokyo, Jepang.

Adapun penerbangan tersebut akan menggunakan pesawat tipe Boeing 777-300ER, yaitu salah satu tipe pesawat terbesar di armada Singapore Airlines.

Penerbangan itu akan dimulai dari Bandara Narita di Tokyo. Untuk tahap awal, penerbangan itu akan beroperasi dengan jadwal selama lima mingguan sepanjang musim panas.

Kemudian, setelah perbatasan dibuka dan permintaan untuk perjalanan internasional dilanjutkan, maskapai penerbangan dapat meningkatkan jadwal penerbangan harian.

Sebelumnya, Singapore Airlines memang sudah melakukan perjalanan terbang "Singapura-Los Angeles" secara nonstop dengan layanan harian mulai Desember 2020.

Baca juga: Dampak Wabah Corona, Singapore Airlines Kurangi Kapasitas Hingga 96 Persen

Penerbangan itu menjadi rute perjalanan udara pra-pandemi terpanjang kelima di dunia yang dipertahankan Singapore Airlines.

Wakil Presiden Regional Singapore Airlines AS Joey Seow mengatakan kepada Insider bahwa penawaran premium maskapai inilah yang diharapkan akan membedakannya dari para pesaing maskapai penerbangan lainnya.

"Kami dikenal dengan layanan kami, proposisi nilai, dan produk yang kami tawarkan adalah yang pertama di kelasnya," kata Seow.

Layani penerbangan AS dan Eropa

Singapore Airlines juga telah melakukan penerbangan secara nonstop antara AS dan Eropa.

Pasalnya, Uni Eropa telah mengindikasikan benua itu sebagian besar akan terbuka untuk orang AS pada musim panas. Negara-negara tersebut antara lain, Islandia dan Yunani sudah membuka pintu mereka untuk orang AS.

Santorini menjadi wilayah ter-romantis di Yunani karena menyuguhkan pemandangan laut dan bangunan yang menakjubkan.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Santorini menjadi wilayah ter-romantis di Yunani karena menyuguhkan pemandangan laut dan bangunan yang menakjubkan.

Selain itu, adapun Frankfurt, Jerman, Manchester, dan Inggris menjadi negara-negara tujuan dari penerbangan tersebut.

Kendati demikian, warga Eropa masih tidak diizinka untuk memasuki kawasan negara Amerika Serikat. Namun, warga negara Jepang diperbolehkan memasuki negara AS, dengan syarat mereka harus menjalani karantina setelah kembali dari negara tersebut.

Baca juga: Uni Eropa Akan Sambut Turis Asing yang Sudah Divaksin mulai Juni 2021

Peluncuran vaksin yang menjanjikan di seluruh AS telah mendorong Singapore Airlines untuk terus fokus pada rute perjalanan tersebut.

Seow juga berharap hal ini dapat menciptakan gelembung perjalanan antara Singapura dan AS nantinya, mengingat tingkat vaksinasi di Amerika lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com