Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2021, 07:07 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa pihaknya telah memperbarui Conditional Sailing Order (CSO) atau aturan pelayaran pada hari Rabu (12/5/2021).

Melansir dari Usatoday.com, pembaruan CSO tersebut melonggarkan persyaratan pemakaian masker bagi para penumpang kapal pesiar yang sudah divaksinasi penuh.

Dalam aturan yang diperbarui tersebut, CDC mengatakan kepada operator kapal pesiar bahwa berdasarkan kebijakan yang telah mereka buat, penumpang dan awak yang sepenuhnya sudah divaksinasi dapat berkumpul atau melakukan kegiatan di luar ruangan.

Baca juga: Larangan Kanada Sebabkan Beberapa Kapal Pesiar Batalkan dan Tunda Operasional

Mereka dapat melakukan aktivitas, termasuk terlibat dalam layanan makan atau minuman tanpa memakai masker kecuali di tempat ramai.

Kapal pesiar bernama Celebrity Beyond dari Celebrity Cruises (dok. https://www.celebritycruisespresscenter.com/).dok. https://www.celebritycruisespresscenter.com/ Kapal pesiar bernama Celebrity Beyond dari Celebrity Cruises (dok. https://www.celebritycruisespresscenter.com/).

CruiseCritic.com melaporan bahwa CDC juga mengatakan, jalur pelayaran memungkinkan penumpang yang divaksinasi penuh untuk menjelajahi pelabuhan sendiri.

Namun, CDC mencatat bahwa negara asing dapat memiliki persyaratan mereka sendiri terkait eksplorasi pelabuhan secara pribadi.

Baca juga: Sejumlah Kapal Pesiar Batalkan Perjalanan Tahun 2021, Apa Saja?

Terkait hal itu, Wakil Presiden Senior Penjualan Royal Caribbean Vicki Freed mengatakan dalam Wednesday Coffee Talk-nya bahwa perusahaan pelayaran mulai memberi informasi. Masker tidak akan diperlukan di pulau pribadi Royal Caribbean, Perfect Day di CocoCay.

Di samping itu, CDC sering bertemu perusahaan pelayaran sejak memperbarui panduannya untuk uji coba kapal pesiar dan kapal pesiar startup minggu lalu. Pembaruan termasuk aturan untuk memakai masker, jaga jarak, dan tamasya pantai.

Namun, pejabat jalur pelayaran, termasuk Presiden dan CEO Norwegian Cruise Line Holdings Frank Del Rio mengkritik badan tersebut karena tidak mengeluarkan panduan terpisah untuk penumpang yang divaksinasi penuh, berbeda dengan mereka yang tidak. 

Imbau pelaku industri kapal pesiar taati aturan

Melansir dari Kompas.com, sebelumnya CDC Amerika Serikat mengumumkan bahwa kapal pesiar sudah bisa kembali berlayar sementara di perairan AS pada pertengahan Juli 2021.

Namun, CDC mengimbau pelaku industri kapal pesiar untuk menaati seluruh aturan yang diberlakukan oleh pihaknya saat berlayar kembali.

Salah satunya, pihak kapal pesiar harus mengikuti panduan teknis pelayaran selama masa pandemi Covid-19 yang yang tertuang dalam CSO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com