Kompas.com - 15/05/2021, 07:07 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Puluhan wisatawan di Kawasan Pantai Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terjaring razia masker saat libur lebaran Kamis-Jumat (13-14 Mei 2021). Mereka kedapatan tidak menggunakan masker saat berwisata.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, selama dua hari terakhir pihaknya melakukan operasi penertiban prokes di masa pandemi dari Pantai Seruni Tepus sampai bukit Paralayang di Kecamatan Purwosari.

Pihaknya melakukan patroli di setiap kawasan wisata pantai dengan jumlah personel sebanyak 64 orang.

Baca juga: Gunungkidul dan Bantul Siagakan Ratusan Petugas di Tempat Wisata Saat Libur Lebaran

Hasil operasi pada hari Kamis, 40 wisatawan sama sekali tidak membawa masker dan 11 lainnya salah atau tidak benar dalam memakai masker.

Pada Hari Jumat, terdapat 70 wisatawan tidak memakai masker, 12 orang salah dalam memakai masker, dan 5 orang menaruh masker di dalam tas.

"Bagi yang tidak membawa setelah didata kita berikan masker gratis," kata Suris kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Tempat Wisata Gunungkidul Tetap Buka Saat Libur Lebaran, Asalkan...

Ia melanjutkan, wisatawan yang kedapatan tidak menggunakan masker berasal dari lokal DIY. Saat libur lebaran, hanya warga lokal DIY yang boleh berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta.

Pihaknya juga siaga mengantisipasi kecelakaan laut dan melakukan penyekatan wisatawan dari luar DIY.

Penyekatan wisatawan dari luar DIY

Sementara itu, Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Patuk Ipda Paryadi menyampaikan bahwa pada Hari Jumat, total ada 309 kendaraan yang disekat di Jalan Yogyakarta-Wonosari, tepatnya di pintu masuk Gunungkidul.

Semuanya berjenis roda empat dan kebanyakan kendaraan yang diperiksa hari ini bertujuan untuk kegiatan wisata ke Gunungkidul. Total ada 925 penumpang dari 309 kendaraan tersebut.

Pemeriksaan Pelaku Perjalanan yang akan Masuk ke Gunungkidul Jumat (12/2/2021)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Pemeriksaan Pelaku Perjalanan yang akan Masuk ke Gunungkidul Jumat (12/2/2021)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.