Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2021, 11:44 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan, seluruh kawasan objek wisata di Ancol ditutup sementara hari ini, Sabtu (15/5/2021).

Penutupan tersebut dilakukan agar pengelola dapat menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area dan mengevaluasi protokol kesehatan. 

Baca juga: Ancol Tutup Sementara Hari Ini, Kenapa?

Bagi para pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket secara online untuk tanggal 15 Mei 2021, dapat menjadwal ulang kedatangan mulai 16 Mei-31 Desember.

Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari menyampaikan, penjadwalan ulang bisa dilakukan melalui https://reservasi.ancol.com/

"Pengunjung bisa datang langsung tanpa melakukan reservasi ulang," ujar Rika saat dihubungi oleh Kompas.com, Sabtu (15/5/2021).

Pengunjung menaiki wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung menaiki wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.

Baca juga: Tetap Buka Saat Libur Lebaran, Ancol Hanya Terima Pemilik KTP Jakarta

Sementara itu, jika wisatawan tidak ingin melakukan penjadwalan ulang kunjungan, pihak objek wisata Ancol memberi kesempatan untuk pengembalian dana (refund) secara langsung dengan mengisi formulir di https://goers.co/franco15mei.

Apabila membuka formulir tersebut melalui telepon genggam, wisatawan dapat membaca beberapa persyaratan. Salah satunya adalah formulir tersebut akan ditutup pada tanggal 16 Mei jam 23:59 WIB. 

Adapun refund akan dimulai pada tanggal 20 Mei 2021 dan diproses dalam waktu 30 hari kerja.

Baca juga: Ancol Tetap Buka Saat Libur Lebaran, Simak Aturannya Dulu

Selain itu, pengembalian dana tiket sepenuhnya berupa uang, namun tidak termasuk biaya layanan yang sudah dibayarkan. Misalnya, untuk transaksi tiket Rp 100.000 dan biaya layanan Rp 5.000, pengunjung akan menerima pengembalian dana sebesar Rp 100.000. 

Dalam formulir tersebut, wisatawan juga harus mencantumkan bukti pembayaran dan PDF e-ticket. 

Ancol tetap tutup, buka kembali pada Minggu (16/5/2021)

Beberapa jam setelah pengumuman ditutupnya Ancol hari ini, sejumlah foto beredar di media sosial yang menggambarkan bahwa salah satu pintu masuk Ancol dibuka setelah terjadi perdebatan antara petugas dengan masyarakat.

Terkait hal tersebut, Rika mengklarifikasi bahwa seluruh kawasan Ancol tetap ditutup sementara hari ini.

Di akhir keterangannya, ia juga menegaskan bahwa pengunjung dapat kembali esok hari.

"Semoga besok Ancol dapat kembali dinikmati pengunjung dengan aman dan nyaman,” tutur Rika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com