Kompas.com - 15/05/2021, 17:05 WIB
Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Wikimedia CommonsCandi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

KOMPAS.comCandi Prambanan dan Kraton Ratu Boko tetap menerima kunjungan wisatawan pada libur Lebaran 2021.

“Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Ratu Boko, dan Teater Pentas Ramayana berada di kawasan zona kuning," kata Marketing & Service Director PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Hetty Herawati kepada Antara, Jumat (14/5/2021).

Ia melanjutkan, hal itu menjadi dasar PT TWC untuk tetap melayani wisatawan yang berkunjung.

Baca juga: Syarat Berwisata ke Candi Prambanan dan Ratu Boko Saat Libur Lebaran

Hetty memastikan bahwa Candi Prambanan dan Ratu Boko tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai standar sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain mengajak wisatawan tetap sadar akan protokol kesehatan, ia juga menambahkan bahwa dua wisata bersejarah itu memberlakukan pembatasan kuota pengunjung.

Candi Ratu BokoShutterstock.com Candi Ratu Boko

Adapun pembatasan kuota pengunjung didukung sistem teregistrasi melalui scan QR code. Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko dibuka mulai 8.00-16.00 WIB pada periode 1-31 Mei 2021.

Baca juga: Borobudur Tutup, Candi Prambanan dan Ratu Boko Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Tiket masuk ke Candi Prambanan seharga Rp 50.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak, sementara tiket masuk Ratu Boko seharga Rp 40.000 untuk orang dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak.

Pertunjukkan di Ramayana Ballet Prambanan

Jika sedang berada di Yogyakarta, wisatawan juga bisa menonton dua pertunjukkan dari Ramayana Ballet Prambanan, yakni Relive the Legend of Roro Jonggrang dan A Tale of Love and Wisdom: Ramayana Ballet Prambanan yang sudah tersertifikasi CHSE.

Sosok Anoman dalam Sendratari Ramayana yang dilaksanakan di Candi Prambanan.SHUTTERSTOCK/EVANTRAVELS Sosok Anoman dalam Sendratari Ramayana yang dilaksanakan di Candi Prambanan.

Menurut akun Instagramnya, Relive the Legend of Roro Jonggrang dapat disaksikan pada tanggal 14, 16, 19, dan 21 Mei pukul 19:30 WIB. Terdapat diskon 10 persen untuk penonton dengan harga tiket Rp 150,000 per orang.

Baca juga: Raja Belanda ke Candi Prambanan, Ini Panduan Nonton Sendratari Ramayana Prambanan

Sedangkan, A Tale of Love and Wisdom: Ramayana Ballet Prambanan dapat ditonton pada tanggal 15, 17, 18, 20, dan 22 Mei jam 19:30 WIB. Tiket dapat dipesan langsung di loket atau menghubungi 085-803-525-354.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.