Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2021, 19:22 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Wisata Taman Margasatwa Ragunan (TMR) menutup sementara bagi wisatawan mulai tanggal 16-17 Mei 2021. Keputusan itu disampaikan Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang.

Ia mengatakan bahwa para wisatawan bisa kembali mengunjungi tempat wisata itu pada Selasa (18/5/2021) pukul 07.00-14.00 WIB.

"Kami baru saja mengadakan rapat dan evaluasi. Keputusan akhirnya yaitu kami menutup sementara objek wisata Taman Margasatwa Ragunan pada 16 Mei 2021 dan akan dibuka kembali pada 18 Mei 2021," kata Wahyudi kepada Kompas.com, Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Ragunan Buka untuk Warga Jakarta, Simak 5 Tips Berkunjung ke Sana

Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan bahwa penutupan tersebut merujuk pada Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nomor 1790/-1.858.2 yang ditandatangani pelaksana tugas (plt) Kadisparekraf Gumilar Ekalaya dan dikeluarkan Sabtu (15/5/2021).

Petugas memberi makan Jerapah (Giraffa) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan tetap melakukan perawatan terhadap seluruh satwa selama pandemi COVID-19.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Petugas memberi makan Jerapah (Giraffa) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan tetap melakukan perawatan terhadap seluruh satwa selama pandemi COVID-19.

Dalam surat tersebut, Gumilar menulis bahwa penutupan sementara tempat wisata dilakukan dalam rangka penguatan protokol kesehatan.

Selain Taman Margasatwa Ragunan, surat tersebut juga menyertakan dua tempat wisata lain, yaitu Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk ditutup.

Adapun, keputusan tersebut berdasarkan hasil evaluasi peningkatan pengunjung pada tanggal 14-15 Mei 2021 di kawasanwisata DKI Jakarta.

Baca juga: Ragunan Tambah Kapasitas Pengunjung Jadi 2000 Orang Selama Pandemi

Wahyu melanjutkan, salah satu penguatan protokol kesehatan yang akan dilakukan yaitu sanitasi lingkungan di tempat wisata.

"Penguatan prokes paling penting kami akan mendisinfektan seluruh area kawasan wisata Taman Margasatwa Ragunan," ujar dia.

Ia juga menyampaikan bahwa bagi para pengunjung yang telah melakukan reservasi online untuk kunjungan pada tanggal 16-17 Mei 2021, mereka bisa melakukan reservasi ulang kedatangan mereka.

Adapun, reservasi kedatangan bisa diakses melalui Bit.ly/PesantiketTMR mulai dari hari Minggu (17/5/2021).

Baca juga: 4 Museum Antik di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Wahyu mengatakan bahwa, wisata Taman Margasatwa Ragunan pada hari Lebaran kedua, yakni Jumat (14/5/2021) kedatangan pengunjung hingga mencapai 20.174 wisatawan. Sementara Sabtu (15/5/2021), justru mengalami penurunan menjadi 17.197 wisatawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com