Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 15/02/2022, 08:35 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kota Parapat memang terdengar masih asing. Namun jika menyebut nama Danau Toba tentu hampir semua orang tahu.

Parapat merupakan salah satu kota kecil yang berada di tepi Danau Toba atau lebih tepatnya berada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kota yang menjadi salah satu akses utama menuju Danau Toba atau Pulau Samosir ini berada sekitar 48 kilometer (km) dari Kota Pemantangsiantar.

Karena menjadi penghubung menuju Pulau Samosir, Parapat kian ramai dikunjungi para turis, baik lokal ataupun asing saat sebelum pandemi Covid-19.

Berada di tepi Danau Toba membuat Kota Parapat memiliki tempat wisata memukau yang sayang untuk dilewatkan jika kamu sedang berkunjung ke sana.

Parapat boleh saja terkenal karena keindahan Danau Toba, tetapi kamu juga wajib tahu ada banyak tempat wisata di Parapat yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: 7 Spot Menarik untuk Menikmati Keindahan Danau Toba

Destinasi wisata di Parapat, Sumatera Utara

Berikut daftar lima tempat wisata di Parapat yang telah Kompas.com rangkum, Jumat (14/05/2021):

1. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung.TRIBUN MEDAN/M ANIL Bukit Indah Simarjarunjung.

Bukit INdah Simarjarunjung adalah salah satu pilihan destinasi wisata di Parapat. Bukit yang selalu ramai dikunjungi ini terletak di Jalan Simarjarunjung, Desa Butubayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun. Setelah dibuka pada 2016 lalu, keindahan Danau Toba jelas terlihat dari sini.

Bukit yang dikelola meniru wisata Kalibiru, Yogyakarta ini menghadirkan banyak rumah pohon. Salah satunya adalah rumah pohon cinta yang diminati anak-anak muda.

Tidak hanya pemandangan Danu Toba, mata akan disuguhi banyak pemandangan alam lain seperti hamparan perbukitan yang begitu dekat dengan birunya langit. Juga ada kawasan persawahan, perkebunan teh dan kopi.

Baca juga: Berwisata ke Danau Toba Naik DAMRI, Ini Rute dan Tarifnya

2. Batu Gantung

Batu Gantung Parapat.MEDAN.TRIBUNNEWS.com/SILFA HUMAIRAH Batu Gantung Parapat.

Batu Gantung merupakan asal mula nama Kota Parapat diambil. Dahulu kala, ada cerita atau mitos yang berkembang, yakni Parapat diambil dari kata merapatlah.

Tempat ini juga cukup populer di kalangan wisatawan. Lokasinya yang berada di tebing dan masih berada di kawasan Danau Toba membuat wisatawan harus menggunakan kapal untuk mengunjunginya.

Dalam perjalanan menggunakan kapal kamu bisa menikmati keindahan panorama Danau Toba. Jika mengunjungi kota Parapat, maka rasanya belum lengkap jika belum datang ke Batu Gantung ini.

Baca juga: 7 Hotel di Pinggir Danau Toba yang Ada Kolam Renang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com