Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2021, 21:09 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah beroperasional selama tiga hari pada periode Lebaran 2021, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akhirnya tutup sementara bagi para wisatawan mulai tanggal 16-17 Mei 2021.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Humas TMII, Adi Wibowo. Ia mengatakan bahwa para pengunjung bisa berwisata kembali di TMII pada Selasa (18/5/2021).

"Iya betul. Kita tutup mulai besok (16/5/2021) sampai 17 Mei 2021. Kita ikuti kebijakan pemerintah yang ada," kata Adi saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Cara Naik Kereta Gantung TMII Saat New Normal

Adi menjelaskan bahwa penutupan tersebut merujuk pada Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nomor 1790/-1.858.2 yang ditandatangani pelaksana tugas (plt) Kadisparekraf Gumilar Ekalaya dan dikeluarkan Sabtu (15/5/2021).

Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, memanfaatkan fasilitas kereta. Foto diambil pada Sabtu (27/3/2021).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, memanfaatkan fasilitas kereta. Foto diambil pada Sabtu (27/3/2021).

Surat tersebut berisi tentang imbauan penutupan sementara bagi tiga tempat wisata di DKI Jakarta, salah satunya TMII guna melakukan penguatan protokol kesehatan.

Ancol dan Ragunan juga diminta tutup

Selain TMII, surat tersebut juga menyertakan dua tempat wisata lain, yaitu Ancol dan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) untuk ditutup.

Dalam surat tersebut tertulis, keputusan penutupan sementara ini berdasarkan hasil evaluasi peningkatan pengunjung pada tanggal 14-15 Mei 2021 di kawasan wisata DKI Jakarta.

Terkait hal tersebut, Adi mengatakan salah satu penguatan protokol kesehatan yang akan dilakukan yaitu sterilisasi kawasan objek wisata.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Jelajah TMII, Bisa ke Mana Saja?

" Jadi selama penutupan sementara ini, yakni dua hari, kami akan melakukan penyemprotan disinfektan di semua area kawasan wisata TMII," ucap Adi.

Ia juga menyampaikan bahwa bagi para pengunjung yang telah melakukan reservasi online di wahana  wisata TMII, mereka bisa langsung mengonfirmasi ke wahana yang bersangkutan.

"Bagi pengunjung yang sudah reservasi online sebagian wahana dapat konfirmasi langsung ke pihak wahana yang bersangkutan, seperti taman legenda, skyworld," tutur Adi.

Ia melanjutkan bahwa mereka yang reservasi di gerbang utama TMII biasanya rombongan. Jika pengunjung ingin datang pada 18 Mei 2021, bisa on the spot langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com