Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai di Gunungkidul dan Bantul Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan Saat Libur Lebaran

Kompas.com - 16/05/2021, 19:31 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Libur Idul Fitri, kawasan wisata Gunungkidul dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipadati wisatawan. Puncak kunjungan diperkirakan pada hari Sabtu (15/5/2021).

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, akumulasi angka kunjungan pada tanggal 13-15 Mei 2021 lebih dari 57.000 pengunjung.

Adapun akumulasi Kamis (13/5/2021) atau hari pertama Idul Fitri, tercatat ada 2.132 kunjungan. Angka naik 8 kali lipat pada Jumat (14/5/2021) menjadi 16.120 kunjungan. Puncaknya pada Sabtu (15/5/2021), jumlah kunjungan meroket jadi 39.149 orang.

Baca juga: Libur Lebaran, Puluhan Wisatawan di Pantai Gunungkidul Tidak Pakai Masker

 

"Hari ini datanya belum masuk, kemungkinan lebih dari 30.000 kunjungan. Puncaknya diperkirakan Sabtu kemarin," kata Harry kepada kompas.com, Minggu (16/5/2021).

Ia melanjutkan, hampir 90 persen wisatawan berkunjung ke kawasan pantai. Sisanya mengunjungi wisata lain, seperti Gunung Api Purba Nglanggeran dan Air Terjun Sri Getuk.

Pihaknya bersama instansi terkait terus melakukan pengawasan kepada pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, hingga menggunakan masker selama di tempat wisata. Antisipasi lonjakan kunjungan dilakukan, meski ada larangan mudik.

Baca juga: Gunungkidul dan Bantul Siagakan Ratusan Petugas di Tempat Wisata Saat Libur Lebaran

Petugas dari SAR Satlinmas pun terus mengingatkan protokol kesehatan. Termasuk petugas tiket di tempat pemungutan retribusi.

"Kita sampaikan prokes kepada wisatawan, sebagai bagian dari upaya menyadarkan masyarakat, termasuk wisatawan," tutur Harry

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, pihaknya terus mengimbau kepada wisatawan melalui pengeras suara, maupun mendatangi langsung wisatawan agar mentaati protokol kesehatan.

Kawasan Pantai Parangtritis BantulDokumentasi Warga Kawasan Pantai Parangtritis Bantul

 

"Wisatawan setelah diingatkan patuh, tetapi saking banyaknya pengunjung ya begitulah," ujar Suris

Sementara itu di Bantul, Pengunjung mengalami peningkatan cukup signifikan di 7 tempat wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Bantul.

Baca juga: Tempat Wisata di Bantul Sudah Bisa Nontunai

 

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan pada Kamis (13/5/2021), tercatat ada 3.565 pengunjung. Kunjungan naik cukup signifikan pada Jumat (14/5/2021), tercatat 12.880 pengunjung.

 

"Sabtu (15/5/2021) tercatat 24.898 pengunjung. Untuk hari Minggu datanya belum masuk. Total pengunjung sampai Sabtu 41.343 orang dan 70 persen mengunjungi Kawasan Parangtritis," ujar Markus.

Ia melanjutkan bahwa sampai Minggu (16/5/2021) pukul 13.00 WIB, sudah ada sekitar 10.000 wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis.

Baca juga: Mudik Dilarang, Gunungkidul dan Bantul Maksimalkan Wisatawan Lokal

Pemkab Bantul sudah mengantisipasi lonjakan pengunjung sejak awal dengan menerjunkan lebih dari 600 petugas. Selain mengurai kemacetan protokol kesehatan juga menjadi bagian ketugasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com