Kompas.com - 17/05/2021, 21:32 WIB

KOMPAS.com – Acara pelarungan kepala kerbau ke laut di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tetap dilaksanakan secara terbatas guna mencegah penyebaran Covid-19.

Acara pelarungan tersebut merupakan bagian dari tradisi Lomban atau sedekah laut yang rencananya akan diadakan pada Kamis (20/5/2021). Di hari yang sama, seluruh destinasi wisata di kabupaten tersebut akan ditutup untuk umum.

Baca juga: Penutupan Tempat Wisata di Jepara Diprediksi Turunkan Kasus Covid-19

Larungan rencananya digelar secara sederhana dan hanya diikuti peserta terbatas dan tertutup untuk penonton,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Leztiaza kepada Antara, Senin (17/5/2021).

Biasanya, acara pelarungan dimulai dengan penyembelihan kerbau, lalu dilanjutkan dengan pembagian daging kerbau ke masyarakat dan ziarah.

Baca juga: Kalau Kamu ke Jepara, Nikmati Keelokan Pantai Kartini

Adapun sedekah laut terdiri dari beberapa acara, yakni ziarah ke makam leluhur, pementasan wayang, pelarungan, dan doa bersama. Pementasan wayang yang biasanya digelar sepanjang malam akan dibatasi hingga hanya dua jam tanpa penonton.

Sama seperti pada tahun 2020, acara pelarungan kepala kerbau tidak akan melibatkan ratuasan perahu nelayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.