Wisatawan Keluhkan Parkir Mahal, Tukang Parkir Ilegal Diamankan Polresta Yogyakarta

Kompas.com - 18/05/2021, 19:07 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Viral foto di Instagram melalui akun @jogjainfo terkait keluhan wisatawan di sekitar gembira loka yang harus membayar parkir sebesar Rp 25.000.

Terkait, ini Polresta Yogyakarta telah meringkus oknum tukang parkir ilegal di sekitar Gembira Loka.

Kasubag Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja membenarkan hal tersebut. Penindakan dilakukan oleh Saber Pungli Kota Yogyakarta Pokja.

Baca juga: 5 Wisata Instagramable di Yogyakarta, Pas untuk Pencinta Selfie

"Ya benar sudah ditindak pada Hari Senin (17/5/2021) pukul 12.00 WIB. Lokasinya di parkir Mitra dan Sri Rejeki di Jalan Kebun Raya Kotagede Yogyakarta," kata dia saat dihubungi Selasa (18/5/2021).

Timbul melanjutkan bahwa Saber Pungli melakukan penindakan di dua tempat parkir, yakni di Mitra dan Sri Rejeki. Keduanya menyelenggarakan parkir dan memungut parkir dengan tidak memiliki surat izin pengelolaan tempat khusus parkir.

Dari giat ini diamankan dua orang tersangka yakni Sabar Susilo dan Anton Soeharwendy. Beserta barang bukti berupa 1 lembar karcis parkir Mitra mobil Rp 20.000, uang tunai Rp 20.000, dan satu bendel lembar karcis parkir Rp 20.000.

Baca juga: Terus Bertambah, 1.500 Pelaku Pariwisata DIY Akan Divaksinasi

 

Diamankan pula uang tunai Rp 120.000, satu lembar karcis parkir SRI REJEKI sepeda motor Rp 5.000 dan mobil Rp 25.000, satu bendel karcis parkir SRI REJEKI, dan uang tunai Rp 20.000.

"Terhadap Tersangka yang memungut tarif parkir di atas ketentuan diduga telah melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Perda Kota Yogyakarta Nomor : 2 Tahun 2019 tentang Perparkiran," ujar Timbuk.

Ia meneruskan, tersangka selanjutknya akan menghadari sidang tipiring di Pengadilan Negeri Yogyakarta pada Rabu (19/5/2021).

Belum tahu persis lokasi parkir ilegal

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui persis di mana lokasi parkir ilegal itu mengingat Gembira Loka berada di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Bantul.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.